blank
Pejabat dari Polda Jateng dan Polres Jepara bersama GM PT PLN UIK TJB Hari Cahyono ( Foto : Humas PLN UIK TJB)

JEPARA (SUARABARU.ID) – PT PLN (Persero) menggandeng Korbinmas (Korps Pembinaan Masyarakat) Baharkam (Badan Pemeliharaan Keamanan) Polri menggelar pelatihsn pemanfaatan FABA (Fly Ash & Bottom Ash).

blank
Peninjauan unit produksi FABA ( Foto : Humas PLN UIK TJB)

Kegiatan bertajuk “Pelatihan Pemanfaatan Fly Ash & Bottom Ash (FABA) untuk Meningkatkan Perekonomian Nasional Melalui Pemberdayaan Masyarakat Bersama Korbinmas Baharkam Polri,” PLN UIK Tanjung Jati B berkolaborasi dengan tim dari Polda Jateng dan Polres Jepara.

Bertempat di Kantor PLN UIK Tanjung Jati B, hari ini, Senin 6 Juni 2022 berlangsung pertemuan antara jajaran manajemen PLN UIK Tanjung Jati B dengan tim Dirbinmas (Direktorat Pembinaan Masyarakat) Polda Jateng dan Kapolres Jepara. Pertemuan berlangsung secara offline dan online dengan EVP K3L PLN, Komang Parmita.

Dalam pembukaan acara via online conference Komang Parmita menyatakan sangat mengapresiasi program pemberdayaan masyarakat yang nantinya dinahkodai oleh Kaorbinmas Baharkam Polri ini.

“Hari ini Polri dan PLN membuat langkah awal untuk menjadi bagian dalam global supply chain, bagaimana cita-cita kita kedepan dalam pemanfaatan FABA yang dapat digunakan sebagai bahan baku konstruksi pengganti semen. Untuk menjadi peluang usaha masyarakat disekitar PLTU dengan bekerjasama bersama Polres setempat.” Kata Komang.

Selanjutnya dalam sesi offline, General Manager PLN UIK Tanjung Jati B, Hari Cahyono, mengatakan bahwa pemanfaatan FABA PLTU Tanjung Jati B sudah banyak, antara lain untuk pembuatan batako, paving block dan jalan. Namun demikian tingkat serapan pemanfaatan FABA PLTU Tanjung Jati B masih sedikit.

“Harapan kami nanti melalui kerjasama dengan Polri ini, akan semakin banyak lagi. Apalagi nanti lewat Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) di setiap desa, kecamatan dan seluruh wilayah nanti secara serentak akan bisa mendorong pemanfaatan bersama masyarakat.” papar Hari Cahyono.

Dirbinmas Polda Jateng, Kombes Lafri Prasetyono S.I.K, yang hadir mewakili Kapolda Jateng, turut menyampaikan apresiasinya serta menyambut baik kolaborasi, kerjasama, sinergitas dalam rangka bersama-sama mengupayakan agar pengembangan pemanfaatan limbah ini bisa dilakukan secara maksimal dan berguna bagi masyarakat bangsa dan negara.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut pertemuan antara Bapak Kapolri bersama Direktur Utama PLN yang menyepakati untuk sinergi dalam rangka pemanfaatan FABA ini.” ucap Lafri.

“Insyaallah ilmu yang nanti kita dapat disini mudah-mudahan akan bermanfaat dan pada gilirannya nanti akan kami tularkan kepada masyarakat,” tambahnya.

Berikutnya acara dilanjutkan dengan presentasi dan penjelasan terkait pengolahan dan pemanfaatan FABA, diskusi dan tanya jawab, serta puncaknya adalah kunjungan untuk peninjauan dan praktek langsung di lokasi proses pengolahan FABA PLTU Tanjung Jati B.

Hadepe