blank
Ilustrasi Minuman Jahe. foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kebiasaan makan yang tidak sehat bisa sebabkan perut tak nyaman. Ahli kesehatan mengatakan, beberapa makanan yang mudah ditemui sehari-hari bisa menyembuhkan masalah tersebut.

Kira-kira, apa saja ya? Dilansir dari Suara.com, berikut rangkuman mengenai makanan pereda masalah perut tak nyaman dari laman Zee News.

1. Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dipercaya bisa mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Probiotik dapat melancarkan saluran pencernaan dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

Baca Juga: Jenis Sayuran Ungu yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Probiotik juga dikenal sebagai bakteri yang ramah, sehat dan penting bagi tubuh. Manfaat probiotik bisa didapat dari mengonsumsi yogurt, kefir atau kombucha.

2. Jahe

Jahe telah dikenal sebagai herbal sehat yang dapat membantu pencernaan, mengurangi masalah radang dan mulas. Caranya, ambil seteguk air jahe dan tambahkan beberapa tetes lemon setiap habis makan agar perut terasa lega.

3. Yogurt

Yogurt sering dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk melindungi pencernaan karena mengandung bakteri baik yaitu lactobacilli. Bakteri tersebut memiliki peran penting dalam pencernaan serta dapat meredakan masalah perut seperti diare dan konstipasi.

Baca Juga: 3 Manfaat Memberi Maaf bagi Kesehatan Tubuh

4. Gandum

Gandum dianggap sebagai makanan yang baik bagi perut karena mengandung serat yang membantu menjaga kesehatan usus dan mencegah masalah kesehatan seperti sembelit.

5. Pepaya

Keajaiban kandungan pada pepaya terjadi berkat adanya enzim papain yang mampu memecah makanan dan enzim chymopapain, yang mampu membantu memecah protein.

6. Pisang

Pisang adalah sumber makanan yang baik karena mampu membantu pencernaan dengan menyerap racun dan mendorong BAB lancar karena kandungan seratnya.

Claudia