blank
Pemkab Pacitan, Jatim, memberikan bantuan obat-obatan kepada Calhaj. Penyerahannya dilakukan Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji (kiri).(Dok.Prokopim Pacitan)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji, Senin (6/6), melepas keberangkatan 53 orang Calon Jemaah Haji (Calhaj) menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Para calon tamu Allah ini, akan terbang dari Bandara Juanda Surabaya menuju tanah suci, Selasa malam besok (7/6) Pukul 21.30.

Sementara itu, jadwal keberangkatan Calhaj Kabupaten Wonogiri diagendakan Kamis malam Pukul 19.000 Tanggal 30 Juni 2022 mendatang, dari Embarkasi Haji Donohudan Adi Sumarmo Boyolali.

Kasi Haji Kantor Kemenag Kabupaten Wonogiri, Partoyo, Senin (6/6), menyatakan, jumlah Calhaj dari Kabupaten Wonogiri sebanyak 160 orang plus 2 orang TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah). ”Totalnya sebanyak 162 orang,” jelasnya.

Calhaj asal Kabupaten Wonogiri, tergabung dalam Kloter 41. Untuk data Calhaj termuda adalah Muchammad Noer Habibie (35) dan Calhaj tertua Tri Prawoto (64). Dari 162 Calhaj Wonogiri tersebut, sebanyak 77 berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Senin (6/6), Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, pelepasan keberangkatan Calhaj Pacitan dilakukan dari Pendapa Kabupaten, dilepas langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji.

Turut hadir Wakil Bupati Pacitan, Gagarin, beserta jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda) Heru Wiwoho, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda dan beberapa pimpinan perangkat daerah.

Cukup Lama

”Kami yakin bapak-ibu sudah menunggu cukup lama karena daftar tunggu semakin panjang, disamping itu karena pandemi Covid 19, menjadikan perjalanan haji tertunda 2 tahun. Semoga perjalanan haji bapak-ibu semuanya dimudahkan Allah SWT,” kata Bupati.

Bupati berpesan agar selalu menjaga kesehatan serta memperkuat kebersamaan kesatuan persatuan. Yakni kesatuan baik sesama regu, maupun dalam rombongan. Karena dengan kebersamaan, akan memudahkan jemaah dalam menjalankan rangkaian ibadah haji dengan nyaman dan selamat.

”Kami yang di Pacitan, berharap doa panjenengan semua dari Tanah Suci untuk Kabupaten Pacitan dan masyarakatnya. Agar Pacitan dijauhkan dari segala bencana, Pacitan aman tentram, sejahtera dan bahagia,” harap Bupati Indrata Nur Bayu Aji.

Kepala Kantor Kemenag Pacitan, Mohammad Nasim, menyatakan, kuota haji Kabupaten Pacitan sebanyak 53 jamaah, yang normalnya 154 jamaah. Menyusutnya kuota haji tersebut, dikarenakan ada pengurangan global dari Pemerintah Arab Saudi.

Penyebabnya, tambah Mohamad Nasim, karena wabah Covid masih melanda serta cuaca panas di Arab Saudi yang diprediksi mencapai lebih dari 50 derajat.
”Berdasar qur’ah yang sudah ditetapkan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, Kabupaten Pacitan masuk gelombang pertama, kelompok terbang 6 bersama Kabupaten Magetan, Kabupaten Ponorogo dan Kota Surabaya, jelas Mohamad Nasim.

Bambang Pur