blank
Bupati menggunting pita menandai peresmian masjid SD Bandongan 3. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Bupati Magelang Zaenal Arifin meresmikan Masjid Al Firdaus yang berada di SD Negeri Bandongan 3, Senin (6/6/2022). Hadir jajaran Forkompincam Bandongan, Komite Sekolah SD Negeri Bandongan 3, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat yang terlibat dalam pembangunan masjid tersebut. “Hari ini saya merasa turut berbahagia karena di komplek SD Negeri Bandongan 3 mulai saat ini telah memiliki sebuah tempat ibadah yang baru dan sangat representatif,” katanya.

Dengan adanya masjid tersebut dia berharap akan ada pancaran cahaya ketulusan dan keikhlasan yang mampu merasuk ke dalam relung hati masyarakat sekitar dan para siswa di SD Bandongan 3. Dari masjid itu pula akan memancarkan cahaya Islam, menyebarkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, serta persaudaraan dan kerukunan umat. Sebagaimana semangat hari lahir Pancasila yang pada tanggal 1 Juni 2022 kemarin baru saja diperingati.

“Saya juga berharap, agar kita bersama-sama dapat memakmurkan masjid ini dan menjadikannya sebagai pusat kebudayaan dan pengetahuan kajian ilmu Islam. Bukan hanya mendirikannya saja, namun tanggung jawab besar bagi kita bersama, adalah untuk memakmurkannya,” harapnya.

Dengan sarana ibadah yang baru itu dia banyak berharap seluruh masyarakat dan siswa SD  Bandongan 3 bisa semakin meningkatkan semangatnya dalam beribadah sholat lima waktu dengan berjamaah. Juga semakin banyak dan ikhlas dalam ber-infak untuk menunjang kelestarian peribadahan.

“Doa saya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan, baik material, pikiran, tenaga maupun bentuk lainnya, semoga Allah membalas amal bapak/ibu sekalian dengan pahala yang berlipat ganda dari, serta bisa menjadi amal jariyah yang tak terputus pahalanya,” katanya.

Sementara Kepala Sekolah SD Bandongan 3, Rokayah, menyampaikan, Masjid Al Firdaus dibangun atas kesepakatan dan dana bersama seluruh dewan guru, wali murid, alumni sekolah SD Bandongan 3 dan tokoh masyarakat di Kecamatan Bandongan. “Kami mendapatkan wakaf tanah dari Bapak Hendro Laksono untuk membangun masjid ini. Kemudian masjid ini dibangun dengan dana Rp 738.500.000 dan alhamdulilah sudah jadi,” tuturnya.

Dia juga menyampaikan, prestasi SD Bandongan 3 cukup bagus. Di antaranya, pernah meraih juara pertama lomba olimpiade olahraga tingkat nasional di Makasar, selain itu juara pertama Festival Anak Saleh di Banjarmasin, menjadi Finalis Cerpen Nasional di Bogor, dan meraih juara rebana tingkat Jawa Tengah.

Eko Priyono