blank
Para alumni lulusan tahun 1973 SMAN 1 Sragen, foto bersama saat reuni di Hotel Galuh, Prambanan.(foto: SB)

PRAMBANAN (SUARABARU.ID)– Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi covid-19, para alumni SMAN 1 Sragen lulus tahun 1973, kembali mengadakan reuni. Kegiatan serupa tahun 2019 diadakan di kompleks objek wisata Telaga Sarangan, Jatim.

Reuni kali ini  di Hotel Galuh, Jl Manisrenggo, Tlogo, Prambanan, Klaten, Sabtu dan Minggu, 4-5 Juni 2022, bertajuk ‘’Kumpul Bareng Mitro Lawas’’. Diikuti 60 peserta lebih. Mereka saat ini ada yang tinggal di Jakarta, Malang, Solo, Yogyakarta, Semarang, Salatiga, Boyolali, dan daerah lainnya.

blank
Peserta dari Korwil Sragen saat tampil di atas panggung.(Foto: SB)

Seperti reuni-reuni sebelumnya, suasana temu kangen tersebut penuh keceriaan, akrab, dan kekeluargaan. Layaknya anggota keluarga besar yang lama tidak berjumpa, ketika ada yang baru datang, kawan yang sudah lebih dulu tiba di lokasi langsung menyambut dengan penuh kehangatan. Selanjutnya, canda dan tawa senantiasa mewarnai berkumpulnya teman lama tersebut.

blank
Beberapa alumni foto bersama sambil membentangkan spanduk reuni.(Foto:SB)

Sabtu (4 Juni 2022), sekitar pukul 19.30 para sahabat lama tersebut berkumpul di ruang pertemuan hotel tersebut untuk makan bersama. Usai Ketua Panitia, Hartono, menyampaikan sambutan selamat datang, Selanjutnya alumni yang biasa dipanggil Ustad H Sungadi (alumni dari Jakarta) memimpin doa untuk sahabat seangkatan yang telah mendahuli menghadap Sang Pencipta. Dilantunkan pula doa bagi sahabat seangkatan atau anggota keluarganya yang kebetulan saat ini sedang dalam kondisi sakit.

blank
Alumni 1973 SMAN 1 Sragen dari Korwil Semarang, saat tampil memeriahkan acara reuni di Hotel Galuh, Prambanan.(Foto: SB)

Acara diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan penampilan masing-masing wlayah untuk naik ke  atas panggung untuk menunjukkan ‘’kebolehannya’’. Diawali dari Koordinator Wilayah (Korwil) Sragen dan Solo, yang merupakan peserta terbanyak.

Baca Juga: Nuansa Keluarga saat Reuni Alumni 1973 SMAN 1 Sragen

Berikutnya gantian Korwil Semarang yang tampil bersama  peserta dari Salatiga, dan Boyolali. Dilanjutkan Kowil Yogyakarta, dan terakhir peserta dari Korwil Jakarta. Semua peserta yang tampil nampak ceria, dan sebagian bahkan ikut bernyanyi dan berjoget.

blank
Peserta dari Korwil Yogyakarta saat tampil di panggung.(Foto: SB)

‘’Reuni kali ini mestinya Korwil Jakarta yang menjadi tuan rumah. Namun dengan pertimbangan kondisi dan situasi, acara diselenggarakan di Prambanan dengan dibantu para alumni dari Yogyakarta,’’ ungkap Christanto yang selama ini didaulat sebagai Ketua Alumni 1973 SMAN 1 Sragen.

Tahun Depan di Sragen

Minggu pagi (5 Juni 2022) sekitar jam 06.00 peserta melakukan senam. Meski semua alumni SMAN 1 Sragen atau juga dikenal sebagai ‘’SMA Setro’’ ini sudah berusia di atas 65 tahun, namun mereka masih terlihat bersemangat.

Setelah makan pagi, seperti layaknya acara para pemuda/remaja, situasi diwarnai foto bersama di lingkungan Hotel Galuh, hingga tiba makan siang.

blank
Alumni 1973 SMAN 1 Sragen dari Korwil Jakarta, menunjukkan aksinya saat reuni di Hotel Galuh, Prambanan, Klaten.(Foto: SB)

Bagi para peserta, reuni lulusan 1973 SMAN 1 Sragen ini, dinilai punya nuansa sendiri. Semua duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi, saling menghargai dan penuh kekeluargaan.

Untuk acara serupa, disepakati diselenggarakan di Sragen. Seperti biasa, untuk kegiatan ini segala ‘’tetek bengek’’ diseserahkan kepada alumni yang tinggal di Sragen, sedang peserta lain secara kompak mengikuti.

Suarabaru.id/mm)