blank
Para siswa SMK Negeri 1 Wonogiri berpakaian adat saat mengikuti upacara Harkitnas yang disatukan dengan Hari Jadi Ke 281 Kabupaten Wonogiri.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pengumuman kelulusan siswa Kelas 12 SMK di Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2021/2022, akan dilakukan melalui sistem Daring (Dalam Jaringan) secara online melalui jejaring internet.

”Itu akan dilakukan Jumat malam nanti (3/6) Pukul 19.00,” tegas Ketua Musyawarah Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Wonogiri, Gunarsi SPd, MPd.

Dijelaskan, pengumuman melalui Daring pada malam hari, bertujuan untuk menghindarkan aksi hura-hura siswa. Harapannya, agar tidak terjadi aksi arak-arakan konvoi sepeda motor. Juga supaya tidak memunculkan euforia (luapan gembira berlebihan) seperti saling mencorat-coret pakaian seragam, atau perilaku lain yang kontraproduktif.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo dan Kasubsi Penmas Humas Polres Aiptu Iwan Sumarsono, mengatakan, Polres menyiapkan personel untuk melakukan pengamanan.

Koordinas Pendataan

Semua Polsek se jajaran Polres Wonogiri, sebelumnya diminta untuk melakukan koordinasi dengan pengurus MKKS dan masing-masing Kepala Sekolah (Kasek), dalam rangka mewujudkan situasi dan kondisi Kamtibmas yang mantap.

Sebagaimana dilakukan oleh jajaran Polsek Wonogiri Kota pimpinan Kapolsek AKP Dr Dwi Krisyanto misalnya, telah melakukan koordinasi dengan pihak MKKS SMK Kabupaten Wonogiri. Juga melaksanakan pendataan masing-masing SMK se Kecamatan Wonogiri Kota.

blank
Kepala SMK Negeri 1 Wonogiri, Gunarsi, yang juga menjabat sebagai Ketua MKKS SMK Kabupaten Wonogiri.(SB/Bambang Pur)

Di Kecamatan Wonogiri Kota ada sebanyak 11 SMK. Terdiri atas dua berstatus negeri dan selebihnya merupakan SMK Swasta.

Dua SMK Negeri terdiri atas SMK Negeri 1 di Wonokarto dengan jumlah siswa Kelas 12 sebanyak 394 anak, dan SMK Negeri 2 di Bulusulur dengan jumlah siswa Kelas 12 sebanyak 554 anak.

Diterima Kerja

Berikut untuk sembilan SMK Swasta terdiri atas SMK Bhakti Mulia di Joho Giriwono dengan jumlah siswa Kelas 12 sebanyak 151 anak,  SMK Amerta di Bahuresan Giritirto (28 siswa), SMK Gajah Mungkur di Bulusulur (16 siswa).

Selanjutnnya SMK Muhammadiyah 4 di Kajen Giripurwo ( 28 siswa), SMK Pancasila 5 Wonogiri di Pokoh Wonoboyo (72 siswa), SMK Pancasila 1 di Kaloran Giritirto (398 siswa), SMK Sudirman 1 dan SMK Sudirman 2 di Wonokarto masing-masing sebanyak 183 siswa dan 12 siswa, serta SMK IT Al Huda Joho Lor Giriwono (14 siswa).

Gunarsi yang menjabat Kepala SMK Negeri 1, mengatakan, pengumuman secara Daring diharapkan menjadi lebih cara yang lebih efektif efisien, karena sebagian siswa Kelas 12 sudah pada diterima bekerja.

Atas usaha pihak sekolah, dari 394 siswa Kelas 12 sebanyak 216 anak, sudah diterima bekerja sebelum ada pengumuman kelulusan. Jumlah itu, belum termasuk yang dilakukan oleh masing-masing siswa secara mandiri.

Bambang Pur