blank
Puluhan tahanan Polres Kebumen bersiap untuk dititipkan ke Rutan Kelas IIB Kebumen Jumat 3/6.(Foto:SB/Si Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 34 orang tahanan penghuni rumah tahanan (Rutan) Polres Kebumen dititipkan ke Rutan Kelas IIB Kebumen mulai Jumat 3/6..

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasat Tahti Polres Kebumen Iptu Darminto menjelaskan , penitipan dilakukan karena Rutan Polres sedang dilakukan renovasi.

Sebelum dilakukan pemindahan, para tahanan menjalani pemeriksaan kesehatan. Para tahanan juga telah menerima vaksin dan di-swab Covid-19 dengan hasil negatif.

blank
Para tahanan Polres Kebumen menumpang mobil truk dipindahb ke Rutan Kelas IIB Kebumen.(Foto:SB/Si Humas Polres)

Selama pemindahan dikawal ketat mulai dari keluar rutan Polres di Jalan Tentara Pelajaer , saat perjalanan dan hingga tiba di Rutan Kelas IIB Kebumen Jalan Pahlawan atau Jalan Soekarno-Hatta.

“Para tahanan yang ada di Polres Kebumen harus kita titipkan. Karena bangunan Rutan kami sedang direnovasi. Sebelumnya Kapolres sudah koordinasi langsung dengan Ka Rutan Kebumen terkait penitipan ini,”jelas Iptu Darminto.

Kepala Rutan Kelas II B Kebumen Halasson Sinaga melalui Kasubsi Pelayan Tahanan Rutan Kebumen mengatakan, meski secara kapasitas sudah penuh, pihaknya masih bisa menampung sementara tahanan titipan dari Polres.

“Kita sudah mengosongkan kamar karantina sebagai persiapan untuk tahanan yang baru masuk (tahanan titipan Polres). Nanti setelah renovasi dari Polres selesai akan dikembalikan lagi ke Polres,” jelas Baihaki.

Komper Wardopo