blank
PANTAU PILKADES - Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki didampingi Kapolres Batang AKBP M Irwan Susanto melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkades. (foto: humas polres batang)

BATANG (SUARABARU.ID) – Pelaksanaan Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang digelar pada Minggu (29/5) di 32 desa dari 14 Kecamatan diwilayah Kabupaten Batang berjalan aman dan kondusif. Berdasar pantauan, antusiasme masyarakat tingg untuk menggunakan hak suaranya. Petugas keamanan baik dari TNI Polri menjamin keamanan dapat terselenggaranya pesta demokrasi tingkat desa itu.

Pasca Pilkades, pihak Kepolisian dan TNI terus bersinergi menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) diwilayah Kabupaten Batang. “Polres bersama TNI melakukan giat rutin yang ditingkatkan yakni patroli dan sambang ke desa,” terang Kapolres Batang AKBP M Irwan Susanto melalui Kabag Ops Kompol Raharja saat ditemui pada Rabu (1/6/2022).

Kepala Kesbangpol Batang Agung Wisnu Barata mengatakan, faktor tingginya tingkat partisipasi pemilih diantaranya adanya kesadaran politik masyarakat mencari pemimpin lokal. “Pilkades dianggap paling baik dalam mencari figur pemimpin pemerintahan desa. Dengan harapan ada perubahan sosial dan ekonomi masyarakat desa ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, panitia Pilkades maupun pemerintah desa secara pro aktif mensosialisasikan semua pentahapannya. “Hasil pemantauan kami untuk tingkat partisipasi pemilih tertinggi Desa Jambangan Kecamatan Bawang yang mencapai 100 persen. Dari DPT 2.102 semua pemilih hadir menggunakan hak pilihnya,” terangnya.

Nur Muktiadi