blank
Sekda Magelang. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) – Sekretaris Daerah, Adi Waryanto, mengatakan bahwa calon haji Magelang sebanyak 519 orang. Pemberangkatannya 3 kelompok terbang  (Kloter) dengan waktu keberangkatan mulai tanggal 9, 10, 11 Juni 2022 mendatang.

Dia mengutarakan hal itu ketika menghadiri   bimbingan dan pemantapan manasik jamaah calon haji Kabupaten Magelang tahun 1443 H/2022 di GOR Gemilang, Setda Kabupaten Magelang, Kamis (2/6/2022).

Adi Waryanto menyampaikan bahwa, mulai tahun ini (2022) Pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali prosesi ibadah haji di tanah suci setelah dua tahun ditutup akibat adanya Pandemi Covid-19 hampir di seluruh dunia. Dia
menyebutkan, dari data yang diberikan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magelang, yang akan berangkat haji pada tahun ini sebanyak 519 orang yang dibagi menjadi tiga kloter dengan waktu keberangkatan mulai tanggal 9, 10, 11 Juni 2022 mendatang.

Sementara terkait persiapan dan keberangkatan ibadah haji tersebut, Adi juga mengimbau kepada para calon jamaah haji untuk selalu meluruskan niatnya dan menaati semua arahan yang diberikan oleh ketua regu, ketua rombongan dan ketua kloternya masing-masing. Demi ketertiban dan kelancaran pelaksanaan ibadah haji, sejak awal keberangkatan selama di Tanah Suci hingga kepulangan ke daerah masing-masing.

“Jaga kebersamaan, kekompakan dan kerja sama, saling menghormati sesama tamu Allah, serta jangan lupa untuk tetap menjaga nama baik negara dan daerah, karena ibadah haji dilaksanakan di negeri orang, sehingga penting untuk menaati dan menghormati aturan, ketentuan, serta budaya yang berlaku di negara tersebut,” tegasnya.

Dia juga berpesan agar para calon jamaah haji selalu menjaga kesehatan fisik. Karena ibadah haji adalah ibadah yang sebagian besar prosesinya membutuhkan kesiapan fisik atau jasmani.

“Istirahatlah dengan cukup serta mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang sesuai dengan petunjuk tenaga kesehatan yang selama ini ditugaskan untuk memberikan pendampingan,” katanya.

Sementara, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Magelang, Khamim Setiawan menjelaskan, calon jamaah haji Kabupaten Magelang tahun 2022 ini merupakan jamaah haji tunda dari tahun 2020 lalu karena pandemi COVID-19.

Sesuai dengan aturan Pemerintah Arab Saudi bahwa jamaah haji yang boleh melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci untuk tahun ini sejumlah satu juta orang saja yang terbagi dari 15 persen untuk warga Arab Saudi sendiri dan 85 persen untuk jamaah haji di seluruh dunia.

Sementara ini Indonesia mendapatkan kuota kurang lebih 100 ribu orang dan terbagi dari beberapa provinsi. Sementara di Jawa Tengah mendapatkan kuota 13.776 orang. Untuk Kabupaten Magelang yang bisa berhak berangkat 519
orang dari 1.240 orang sesuai peraturan Pemerintah Arab Saudi dengan kriteria usia maksimal 65 tahun dan minimal 18 tahun sudah vaksin lengkap.

“Adapun langkah-langkah yang kita laksanakan adalah manasik haji tingkat Kabupaten Magelang sebanyak dua kali, dan tingkat Kecamatan sebanyak empat kali. Kami siapkan satu kegiatan pemantapan khusus bagi ketua regu dan ketua rombongan,” jelasnya.

Eko Priyono