Todd Boehly/dok

(SUARABARU.ID) – Konsorsium yang dipimpin pengusaha asal Amerika Serikat (AS), Todd Boehly, berhasil menuntaskan proses akuisisi Chelsea.

Boehly dan Clearlake Capital Group kini menjadi pemilik baru The Blues menggantikan Roman Abramovich.

Proses pindah kepemilikan ini telah mendapat lampu hijau dari otoritas yang berwenang termasuk Premier League dan Pemerintah Inggris.
Boehly (48) akan menjabat sebagai chairman, dan dia berbagi kontrol keberjalanan klub dengan Clearlake Capital Group, perusahaan investasi asal AS.

Si Biru diakuisisi dengan harga total 4,25 miliar pound.

Sebanyak 2,5 miliar pound untuk biaya pembelian, sisanya bakal dipakai kepentingan klub seperti merenovasi Stadion Stamford Bridge hingga mengembangkan akademi klub dan tim sepak bola perempuan.
‘’Visi kami sebagai pemilik klub sudah jelas, yakni membuat suporter bangga,’’ ungkap Boehly seperti dikutip dari Stats Perform.
Sang ketua baru berjanji untuk mengembangkan tim muda dan mendapatkan talenta terbaik, serta berencana berinvestasi di klub dalam jangka panjang guna membangun sejarah klub yang sukses.

Kini, direksi klub dan manajer Thomas Tuchel bisa bergerak leluasa dalam bursa transfer musim panas.

Pemilik baru menekankan Chelsea akan tetap mempertahankan posisinya sebagai klub kaya dengan segudang prestasi dan ambisi.

Begitu akuisisi tuntas, manajemen The Blues tinggal fokus menyiapkan skuad untuk menatap musim 2022-2023.

Pada musim 2021-2022, Si Biru gagal meraih trofi, tapi menjadi finalis Piala Liga Inggris dan Piala FA.

mm