blank
(Gambar poster: Hadepe)

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Desiminasi kepahlawanan Ratu Kalinyamat terus dilakukan. Kali ini dengan menggunakan media wayang kulit dengan lakon Rainha de Japora.

Rencana pentas wayang kulit yang akan menampikan Ki Dalang Catur Kuncoro dan monolog Sujiwo Tejo ini akan digelar Sabtu (4/6-2022) di Pendapa Dalem Yudonegaran, Yogyakarta. Sedangkan grup karawitan yang akan mengiringi pentas ini adakah Goebok Poenokawan.

Pagelaran wayang kulit ini diselengarakan oleh Yayasan Dharma Bakti Lestari dan Media Group Network. Direncanakan hadir dan memberikan sambutan, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

Pagelaran wayang kulit dengan cerita Rainha de Japora ini berkisah tentang kepahlawan Ratu Kalinyamat yang telah menyerang dan memerangi kolonialisme Portugis, karena mengancam kedaulatan Nusantara.

Pentas ini juga dalam memahamkan masyarakat terhadap peran besar Ratu Kalinyamat dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia yang justru tercatat dalam sejarah bangsa Portugis.

Hadepe