blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Pembuatan Branding, Peningkatan Penjualan dan Promosi Berbasis Digital bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Jangli, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang pada Hari Rabu, 25 Mei 2022. Tim PkM USM berforo bersama pelaku UMKM seusai kegiatan. (Foto:Humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Pembuatan Branding, Peningkatan Penjualan dan Promosi Berbasis Digital bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Jangli, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang pada Hari Rabu (25/5).

Kegiatan dibiayai oleh Universitas Semarang (USM) dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Tim PkM diketuai Citra Andriani Kusumawati SE MM dan tiga anggota yakni Johanis Souisa SE MM, Laurene Istiyawari SE MM dan Adhi Widyakto SE MM serta dua mahasiswi yaitu Khoiriana Nur Hani’ah dan Legita Arti Saputri .

Menurut Andriani, tujuan kegiatan adalah meningkatkan kemampuan anggota UMKM dalam mengelola dan mengatasi pemasaran produk penjualan. Selain itu juga mempercepat difusi teknologi dan manajemen UMKM.

”Tujuan lain adalah mengembangkan proses link dan match antara perguruan tinggi, UMKM, pemerintah dan masyarakat. Selain itu mengoptimalkan pemasaran produk melalui pelatihan Brand Managemen dan Pemasaran Digital dalam UMKM di Kelurahan Jangli,” ujarnya.

”Sebaiknya pelaku UMKM untuk menguatkan branding produk UMKM di HKI,” tambah Adhi Widyakto.

Dalam kegiatan ini mahasiswi membantu mempersiapkan komponen-komponen pelatihan dan memberikan pengetahuan mengenai pengembangan strategi pemasaran produk meliputi segmentasi pasar, branding, tema & konsep produk, kemasan, variasi produk dan teknik promosi serta proses pemasaran online untuk dapat mengoptimalkan produktivitas usaha dan pemasaran produk.

Muhaimin