blank
KUNJUNGAN - Dekranasda Kota Tegal dapat kunjungan Ikatan Istri Karyawan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jateng dan DIY. (foto: dok disnakerin)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Ruang pamer Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) yang berada di kompleks Balai Kota Tegal tiba-tiba ramai dikunjungi tamu. Lebih dari 30 ibu-ibu yang tergabung dalam Ikatan Istri Karyawan BPJS Ketenagakerjaan (IIK BP Jamsostek) Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Tengah dan DIY mengunjungi ruang pamer Dekranas Kota Tegal.

“Kami ingin lebih mengenal produk-produk Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Tegal dan diharapkan dengan pelaksanaan kunjungan ini dapat menambah kepesertaan BP Jamsostek, terutama di kalangan IKM,” kata Ketua IIK BP Jamsostek Kanwil Jawa Tengah dan DIY, Penny Budi Santoso.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal, R Heru Setyawan selaku Ketua Harian Dekranas Kota Tegal mengungkapkan, bahwa Showroom Dekranas yang diresmikan tanggal 26 Januari 2021 lalu merupakan tempat untuk mempromosikan produk IKM Kota Tegal. “Tidak hanya kerajinan, tetap juga fesyen, tekstil, logam, furnitur dan produk kuliner,” ujar Heru.

Dekranas bersama dengan Disnakerin membina perajin di Kota Tegal melalui berbagai upaya dengan melakukan kurasi untuk meningkatkan kualitas produk, memfasilitasi perajin industri kecil mengikuti berbagai pameran level daerah maupun nasional. “Saat ini salah satu perajin fesyen didorong untuk mengikuti lomba rancang busana tenun yang diadakan oleh Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, dan telah lolos ke tahap ke dua,” papar Heru.

Dalam kesempatan tersebut, sekretaris APIK BANGET, Yulia Rahmawati menperkenalkan berbagai produk IKM yg terbagi dalam berbagai divisi yaitu kriya, fesyen dan tekstil, divisi logam dan furnitur, serta kuliner. Anggota IIK BP Jamsostek tampak antusias melihat dan memborong berbagai produk industri kecil Kota Tegal.

Selain itu para tamu juga menyaksikan praktek pembuatan kerajinan dari daur ulang kresek dan kertas koran. Beberapa bahkan menyempatkan diri untuk mencoba membatik.

Sutrisno