blank
Presiden LIONS Club Solo Bengawan Budi Utomo (kanan) dan CEO PMI Surakarta Sumartono Hadinoto (kiri) berfoto bersama dalam di markas Palang Merah Indonesia Solo. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Armada truk tanki air Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Surakarta bertambah jumlahnya. Menyusul penyerahan bantuan satu unit truk tanki air hasil donasi LIONS Club Solo Bengawan dan CV Wijaya Baru.

Penyerahan bantuan bernilai ratusan juta diserahkan President LIONS Club Solo Bengawan Budi Utomo kepada CEO PMI Surakarta Sumartono Hadinoto dalam acara di markas Palang Merah Indonesia Solo, Sabtu (28/5/2022).

CEO PMI Surakarta Sumartono Hadinoto ketika ditemui di sela acara menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan sehingga kini lembaga yang dipimpin memiliki armada truk tanki sebanyak empat unit.

Kehadiran mobil tanki sangat bermanfaat guna mengirimkan bantuan air bagi masyarakat didaerah yang kekurangan air bersih pada saat berlangsungnya musim kering. Bahkan untuk mendapatkan air bersih, warga rela menjual ternak yang dimiliki, Karena harga air bersih satu tanki ukuran 5000 liter bisa mencapai Rp 500.000.

Dengan memiliki armada truk tanki  maka PMI bisa ikut membantu  mengingat  operasional pembelian solar dan untuk pengemudi berkisar Rp 125.000 sampai dengan Rp 200.000. Sedangkan air bersih didapat secara gratis.

Selain untuk mengkover keperluan air bersih saat terjadi bencana di daerah, PMI juga membantu air  untuk kebersihan dilokasiu  bencana “Truk tanki juga bermanfaat sepanjanbg tahun. PMI Surakarta juga bekerj asama dengan Dinas Pemadam Kebakaran unt5uk mensuport penyediaan air  bilamana terjadi kebakaran. Saat ini mobil ambulan PMI juga  juga sudah membantu pemadam kebakaran,” terangnya.

Masih dalam kesempatan sama President LIONS Club Solo Bengawan Budi Utomo mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan bagian dari kerjasama organisasi yang dipimpi9mmnya bersama PMI. Pihaknya berharap bantuan mobil  bisa membantu memasok air bersih di daerah  yang dilanda kekeringan maupun kekurangan air.

Dikemukakan, program pemberian bantuan mobilo tanki sudah diinisiasi dua tahun terakhir. “Sebelumnya LIONS Club Solo Bengawan dan PMI Kota Surakarta sudah terjalin kerja sama pengoperasian terkait Klinik Hemodialisa. Kerja sama disebut terakhir, menghasilkan mobil truk tanki ini,” jelqasnya sembari menambahk harga truk berikut tanki berkisar Rp 400 juta.

Bagus Adji