blank
Kota Trichy India (Foto: Hadepe)

Oleh : Hadi Priyanto

TIRUCHIRAPPALLI (SUARABARU.ID) – Tiruchirappalli, yang juga disebut Tiruchi atau Trichy, adalah salah satu kota di negara bagian Tamil Nadu di India. Setingkat kabupaten atau kota madya di Indonesia.

blank
Sudut kota Trichy (Foto: Hadepe)

Kota ini dikenal sebagai kota layak huni terbaik dan kota terbersih Tamil Nadu, serta kota teraman kelima bagi wanita di India.Trichy juga kota terbesar keempat di negara bagian Tamil Nadu.

Saya berkesempatan mengunjungi kota Trichy pada tanggal 26 Mei 2022 – 6 Juni 2022. Saya memilih rute perjalanan Jakarta – Kuala lumpur – Trichy yang jauh lebih murah jika saya memasuki kota ini dengan rute Jakarta – New Delhi – Trichy. Jika melalui Kuala Lumpur, tiket kelas ekonomi PP Jakarta. – Trichy hanya Rp. 6,5 juta.

blank
Dewa Ganesha, salah satu dewa dalam agama Hindu yang diyakini sebagai dewa pengetahuan, kecerdasan, pelindung dan dewa kebijaksanaan. (Foto: Hadepe)

Kota ini memiliki luas 167, 2 km persegi dengan jumlah penduduk pada tahun 2021 sekitar 1 juta jiwa

Disebelah barat kota Trichy, terdapat delta sungai Cauvery atau sungai Kaveri. Sungai ini terbelah menjadi dua, membentuk pulau Srirangam

Catatan sejarah Tiruchirappalli dimulai pada abad ke-3 SM, ketika berada di bawah kekuasaan Chola . Kota ini juga pernah diperintah oleh Pallavas , Pandyas , Kerajaan Vijayanagar , Dinasti Nayak , negara Carnatic dan Inggris .
Monumen sejarah yang paling menonjol di Tiruchirappalli termasuk Benteng Batu di Teppakulam , kuil Ranganathaswamy di Srirangam dan kuil Jambukeswarar di Thiruvanaikaval .

Kota ini memainkan peran penting dalam Perang Karnatik (1746-1763) antara Inggris dan India Timur.

Trichy juga merupakan pusat pendidikan penting di negara bagian Tamil Nadu.Di kota ini terdapat lembaga pendidikan tinggi yang diakui secara nasional seperti Institut Teknologi Nasional (NIT), Institut Manajemen India (IIM) Universitas Hukum Nasional (NLU), dan Institut Teknologi Informasi India ( IIIT) Srirangam.

Unit industri seperti Bharat Heavy Electricals Limited (BHEL), Bengkel Kereta Api Golden Rock , Pabrik Ordnance Tiruchirappalli (OFT) dan Pabrik Proyektil Energi Tinggi(HEPF) juga memiliki pabrik di kota ini.

Kehadiran sejumlah besar industri manufaktur peralatan energi telah membuatnya mendapatkan gelar kota “Peralatan Energi dan Ibukota Fabrikasi India”.

Tiruchirappalli secara internasional dikenal dengan merek cerutu yang dikenal sebagai cerutu Trichinopoly , yang diekspor dalam jumlah besar ke Inggris selama abad ke-19.

Kota ini memiliki Bandara Internasional Tiruchirappalli (TRZ) yang mengoperasikan penerbangan ke Timur Tengah dan Asia Tenggara .

Menurut mendiang sarjana CP Brown , Tiruchirappalli mungkin merupakan turunan dari kata Chiruta-palli atau “kota kecil. Orientalis Henry Yule dan Arthur Coke Burnell berspekulasi bahwa nama tersebut mungkin berasal dari prasasti batu yang diukir pada abad ke-16 di mana Tiruchirappalli ditulis sebagai Tiru-ssila-palli , yang berarti “kota batu suci” di Tamil .

Namun ada juga ahli yang menyebut Tiruchirappalli adalah berasal dari Tiru-chinna-palli , yang berarti “kota kecil yang suci”.

Di kota Trichy ada dua kuil yang terdapat di sebuah tebing tinggi. Ada 437 anak tangga menuju kuil di puncak bukit. Salah satu kuil di tebing itu adalah Sri Thayumanaswamy. Di Trichy juga ada kuil Sri Jambukeshwara.

Disamping itu ada juga kuil Sri Ranganathaswamy. Ada tujuh gerbang gapura yang harus dilewati sebelum masuk ke kuil inti. Di setiap lapisan gerbang yang mengelilingi kuil, terdapat permukiman dan pasar.

Bagian paling menarik dari kuil ini adalah tiang-tiang batu dengan ukiran.Pola ukiran ulir dalam pilar-pilar ini mirip candi-candi di Jawa Tengah. Hanya saja, jika batu yang digunakan oleh candi-candi di Jawa Tengah adalah batu kali yang hitam, di sini yang digunakan adalah batu pasir berwarna merah muda.

Pahatan di pilar-pilar yang sangat detail itu membuat para pengunjung sangat kagum. Saya membayangkan kehidupan sebuah peradaban rarusan tahun lalu yang mampu menghasilkan karya yang luar biasa ini.

Penulis adalah wartawan SUARABARU.ID Jepara.