blank
Ilustrasi aplikasi belanja langsung toko online (Blangkon) Jateng. Foto: Dok/Prov Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini. Karena kemajuan teknologi yang terus berjalan sesuai kemajuan ilmu pengetahuan.

Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif, memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas bagi kehidupan manusia dengan belanja langsung toko online Jawa Tengah yang disingkat Blangkon Jateng.

Ini merupakan internalisasi perubahan budaya kerja menuju digitalisasi pengadaan barang atau jasa, dengan tujuan memberikan kemudahan dan perluasan usaha kepada usaha kecil, mikro dan koperasi dalam pasar pengadaan barang atau jasa pemerintah.

Selain itu untuk mendorong UMK Go Digital, menjadikan pengadaan lebih inklusif, meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri, memanfaatkan marketplace dalam Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (PBJP). Dan yang tidak kalah penting lagi, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas PBJP.

Dengan memanfaatkan aplikasi Blangkon Jateng (Belanja Langsung Toko Online Jawa Tengah) dan pemasaran daring bisa memudahkan promosi hingga pemasaran berbagai produk, agar lebih dikenal oleh konsumen secara luas dan juga memberikan daya minat yang tinggi.

Dalam upaya meningkatkan produk dalam negeri, diharapkan bisa memberikan kesempatan pada pelaku UMKM untuk mengikuti pengadaan barang pemerintah melalui market place.

Melalui aplikasi bisa mempermudah produk pelaku UMKM bisa dibeli oleh pemerintah. Kemudian, mereka juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk pada konsumen.

Kemudahan dengan memanfaatkan aplikasi Blangkon Jateng, pengguna bisa langsung memesan barang yang diinginkan kepada UMKM yang dituju. Biayanya juga langsung ditransfer ke nomor rekening pelaku UMKM.

Oleh: Furianis Kurlina, mahasiswi Universitas Wahid Hasyim Semarang.