blank

Kunjungan Danrem Makutarama Tingkatkan Hubungan Baik PLN Tanjung Jati B dan Jajaran TNblank

JEPARA (SUARABARU.ID) – PLN UIK Tanjung Jati B menerima kunjungan kerja Komandan Resor Militer 073/Makutarama, Kolonel Inf. Purnomosidi, SIP, MAP. Danrem beserta rombongan diterima di ruang Kartini, PLN UIK Tanjung Jati B. Tim kunjungan kerja terdiri dari sekitar 12 personil gabungan dari operasional kewilayahan Jepara dan sekitarnya beserta polres, polsek dan muspika setempat.

Kunjungan kerja ini merupakan silaturahmi Kolonel Inf Purnomosidi, S.I.P., M.A.P yang merupakan pejabat baru di Koram 073/Mkt kepada manajemen PLN UIK Tanjung Jati B selaku operator obyek vital nasional yang ada di Jepara. Plh GM PT PLN UIK Tanjung Jati B, Senior Manager Perencanaan dan Enginering, Marsudi Santosa Edi menyambut baik atas kunjungan kerja dari Salatiga ini.

Marsudi memaparkan overview PLTU Tanjung Jati B. Dijelaskan bahwa PLTU Tanjung Jati B berada di desa Tubanan, Kecamatan Kembang, luas area 150 hektar, mempunyai kapasitas 4×710 MW, dan memberikan pasokan listrik di wilayah Jawa-Bali dengan sistem kelistrikan transmisi 500 KV.

“PLTU Tanjung Jati B memiliki Fuel Gas Desulfurization (FGD) sehingga pengendalian lingkungan untuk pencemaran dari asap itu sangat kecil. Jadi asap yang keluar dari boiler atau instalasi pembakaran batu bara akan melalui FGD ini, yang menyaring SOx dengan efisiensi sampai 80% sehingga yang keluar benar-benar bersih,” ujarnya

Juga ada Electrostatic Precipitator (ESP) yang menyerap debu batu bara dengan efisiensi sebesar 99,3 %, “Jadi yang keluar dari cerobong dipastikan sudah bersih.“ ungkap Marsudi dalam paparan penjelasannya mengenai PLTU Tanjung Jati B.

Selanjutnya, Kolonel Inf Purnomosidi, S.I.P., M.A.P juga menyampaikan taklimat perkenalan, “Ini adalah kunjungan kami yang pertama kali karena saya sebagai pejabat baru di korem 073/Mkt dan pejabat lama sudah bergeser disatuan yang baru

“Kami membawahi 9 Kodim dan 1 Batalyon 410, maka itu kami berkunjung di satuan-satuan dibawah Korem 073/Makutarama agar tahu kondisi di wilayah seperti apa dilapangan.” ungkap Purnomosidi.

“Bahwa kami disini adalah membantu tugas pengamanan obyek vital nasional dan ikut memantau keamananya agar pasokan listrik Jawa – Bali aman dan kondusif.

Semoga tugas-tugas kita kedepan semakin baik lagi dan penyampaian dari Komandan Kodim 0719/Jepara juga, Alhamdulillah sudah memperbantukan juga anggotanya untuk keamanan obvitnas ini semoga tetap kondusif. Semoga PLTU Tanjung Jati B aman terkendali dan tidak ada kegiatan yang mengganggu operasional sehingga operasional berjalan lancar.” Pungkasnya.

Pertemuan dilanjutkan dengan diskusi dan ramah tamah dengan tujuan bersama untuk dapat meningkatkan hubungan baik antara PLN Tanjung Jati B dengan jajaran TNI.
Korem 073/Makutarama adalah Badan Pelaksana Kodam IV/Dip sebagai Sub Kompartemen Strategis matra darat yang bersifat kewilayahan dan berkedudukan langsung dibawah Pangdam IV/Dip. Lokasi Makorem 073/Mkt berada di Salatiga, wilayah tanggung jawab Korem 073/Makutarama meliputi eks wilayah Karesidenan Semarang dan Karesidenan Pati yang terdiri dari 9 Kabupaten dan 1 Kota.

Hadepe