blank
Layanan telekonsultasi AlteaCare. Foto: Dok/AlteaCare

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Setelah menggandeng salah satu jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia, yaitu Rumah Sakit (RS) Mitra Keluarga, aplikasi kesehatan AlteaCare menggandeng RS Kasih Group untuk memperluas layanan kesehatan bagi masyarakat.

Terjalinnya kerja sama ini untuk mempermudah layanan telekonsultasi AlteaCare yang didukung jaringan dokter dari sembilan rumah sakit di RS Kasih Group.

“Ada lebih dari 100 dokter umum dan spesialis dari RS Kasih Group yang bergabung dengan AlteaCare,” kata
Chief Executive Officer AlteaCare, Mikaela Oen, Kamis (19/5/2022).

Menurutnya, AlteaCare berupaya untuk menghadirkan layanan kesehatan terintegrasi, sehingga masyarakat bisa merasakan pelayanan rumah sakit menyeluruh secara virtual.

“Dengan terintegrasinya jaringan RS Mitra Keluarga dan RS Kasih Group di AlteaCare, saat ini ada lebih dari 500 dokter umum dan spesialis yang melayani pasien di manapun berada,” ujarnya.

Disampaikan bahwa kerja sama ini semakin memperluas layanan dan fitur AlteaCare yang didukung dokter-dokter handal dan ternama dari rumah sakit tersebut.

Sementara Direktur RS Kasih Group (PT. Rumah Kasih Indonesia), dr. Carla Permanasari, MM mengatakan, melalui kolaborasi ini, jaringan RS Kasih Group yang tersebar di wilayah Jawa Barat memiliki channel baru dalam menjangkau pasien lebih luas, dan masyarakat bisa berkonsultasi dengan dokter-dokter handal yang dimilikinya dimanapun.

“Ke depan semua pelayanan RS Kasih Group dapat diakses di AlteaCare, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan kesehatan lebih mudah, tanpa harus jauh-jauh datang ke rumah sakit,” terangnya.

Diketahui, selama satu tahun beroperasi, AlteaCare telah menyediakan layanan kesehatan kepada lebih dari 200 ribu pengguna di 30 kota di Indonesia. Berbeda dengan aplikasi kesehatan lainnya, AlteaCare merupakan aplikasi kesehatan yang mengutamakan telekonsultasi secara real-time dengan video call, sehingga pasien mendapatkan konsultasi klinis secara efektif.

Selain itu, AlteaCare juga memiliki medical advisor dan Patient Relations Officer (PRO) untuk memberikan pengalaman lebih baik sebelum hingga sesudah melakukan telekonsultasi.

Medical advisor membantu pengguna memilih dokter spesialis yang tepat. Sementara PRO membantu pengguna dalam menyelesaikan proses rawat jalan setelah konsultasi dengan dokter spesialis.

“Untuk memperkuat ekosistem layanan kesehatan ke depannya, AlteaCare menargetkan terus menambah mitra fasilitas kesehatan dengan berbagai rumah sakit, asuransi dan farmasi. Kami juga akan terintegrasi dengan sistem rumah sakit secara keseluruhan, sehingga AlteaCare dapat melayani pasien dengan pendaftaran rawat jalan offline, rawat inap dan laboratorium, sehingga terciptanya layanan kesehatan berkesinambungan bagi pasien,” ungkap Mikaela.

Ning