candi mendut
Sebelum penyemayaman air berkah Waisak di pelataran Candi Mendut, para bhikkhu dan umat Buddha melakukan pradaksina ( berjalan mengelilingi candi searah jarum jam) sebanyak tiga kali. Foto; Yon

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)-: Air suci Waisak yang diambil dari sumber Umbul Jumprit,  Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo  Kabupaten Temangung  pada Minggu ( 15/5/2022), langsung dibawa menuju Candi Mendut, Kabupaten Magelang, untuk disemayamkan bersama api dharma.

Setibanya di Candi Mendut sekitar pukul 13.25 WIB, air berkah tersebut langsung disakralkan  secara bergantian dengan doa-doa dan paritta-paritta oleh sejumlah dewan sangha di pelataran sisi barat Candi Mendut

Sebelum disemayamkan dan didampingkan dengan api dharma yang lebih dulu tiba, air suci yang dimasukkan ke dalam kendi tersebut dibawa oleh sejumlah bhikkhu dengan ber-pradaksina ( berjalan mengelilingi candi searah jarum jam) sebanyak tiga kali.

Ketua Umum Keluarga Cendekiawan Buddhis Indonesia, Bhikkhu Dhammavuddho mengatakan, air berkah yang diambil dari Umbul Jumprit tersebut melambangkan ketenangan.

“Dalam batin kita ada  kekotoran batin yang terdiri atas loba, keserakahan , kebencian dan kebodohan batin. Air melambangkan ketenangan, batin kita tidak bisa tenang, bila ada kekotoran batin,” katanya.

Ia mengatakan, air juga bersifat menyejukkan dan juga air melambangkan kekaleman. Sehingga, api dan air selalu digunakan umat Buddha dalam rangkaian Waisak.

Dhammavuddho menambahkan, api dharma dan air berkah Waisak yang disemayamkan di Candi Mendut tersebut, nantinya akan dibawa ke Candi Borobudur.Sesampainya di Candi Borobudur, air berkah dari Umbul Jumprit akan digunakan untuk pemercikan air suci semua umat yang hadir.

Koordinator Panitia Waisak 2566 BE, Tanto Soegito Harsono mengatakan, dengan disemayamkannya air berkah dari Umbul Jumprit di Candi Mendut, sehingga sudah lengkap. Karena, sebelumnya api dharma sudah lebih dulu disemayamkan di candi yang berjarak sekitar 3 kilometer di sisi timur Candi Borobudur itu. Yon

Baca juga: https://suarabaru.id/2022/05/15/6-000-botol-air-berkah-waisak-2566-be-diambil-dari-umbul-jumprit/