blank
Kepala BKKBN dan Anggota DPR RI menyerahkan bantuan kepada salah satu masyarakat Kelurahan Bangkle, Blora. Foto : Prokompim Blora

Banjar Dowo sendiri istilah yang dikenal oleh masyarakat setempat dengan berbaris mengulurkan/memindahkan barang dari  satu orang ke orang lainnya, sehingga pekerjaan bisa menjadi lebih cepat.

Kepala BKKBN berharap dengan adanya Bedah Pawon Waras ini nantinya keluarga tersebut dapat memiliki dapur yang layak dan sehat. Sehingga nantinya keluarga tersebut dapat memberikan gizi yang baik dan sehat kepada anak – anaknya. Khususnya mencegah stunting.

Sementara itu, Lurah Bangkle, Andi Nurrohman, menyambut baik adanya bantuan dan program dari pemerintah terkait Bedah Pawon Waras kepada warganya ini. Adapun sasarannya adalah keluarga Suryat dan Suwarno, Ia pun juga menceritakan kondisi dapur warga tersebut.

“Kaitannya program bedah pawon waras atau dapur sehat ini dapat perhatian dari pemerintah pusat, dari kepala BKKBN Pusat, dari DPR RI, dari aplikasi Bubidan,” terang Andi.

“Ini ada warga kami di keluarga risiko stunting, yang mana dari dapurnya ini tidak selayaknya dapur, jadi memang keberadaannya tidak permanen dan tata letaknya semrawut dan artinya PHBS (perilaku Hidup Bersi dan Sehat)  tidak terlaksana di keluarga penerima ini,” tambahnya.

Bantuan Rp 10 Juta

Dikatakannya, masing-masing penerima tersebut mendapatkan bantuan uang tunai senilai Rp 10 juta. Pihaknya berterima kasih, dengan adanya bantuan ini  diharapkan keluarga tersebut memiliki dapur layak serta sehat sehingga harapannya gizi yang diberikan juga sehat.