blank
Personel Satlantas Polres Wonosobo saat mengatur arus lalu lintas menuju Dieng. Foto: SB/dok

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Sehari usai perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, kawasan objek wisata Dieng, terpantau mulai dipadati wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah, pada Rabu (4/5/2022).

Kapolres Wonosobo melalui Kasatlantas, AKP Ragil Irawan SH, saat ditemui usai melakukan pemantauan langsung mengungkapkan, masih banyak kendaraan yang tak kuat menanjak, saat melewati tanjakan tajam 15 persen menuju Dieng.

”Objek wisata Dieng mulai dipadati wisatawan yang didominasi kendaraan asal luar kota. Sehingga banyak yang tidak paham medan menuju Dieng,” ujarnya.

BACA JUGA: Tim Supervisi Operasi Ketupat Polda Jateng Tinjau Pos Pelayanan Alun-Alun Blora

blank
Salah satu mobil wisatawan yang mogok di jalur wisata Dieng. Foto: SB/dok

Hingga hari ini, lanjut dia, sudah ada beberapa kendaraan yang terpaksa didorong petugas gabungan Polres Wonosobo dan Dishub, karena tidak kuat menanjak saat melewati tanjakan 15 persen.

”Kebanyakan kendaraan yang tidak kuat menanjak itu, karena kurang persiapan dan terlambat mengoper ke gigi rendah. Selain itu, pengendara dari luar kota juga kurang memahami medan yang menanjak, dan cenderung padat dengan jalan sempit,” lanjutnya.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat yang akan berwisata ke kawasan Dieng, untuk memastikan kendaraan dalam kondisi baik. Usahakan pengemudi profesional dan matikan AC saat melewati tanjakan, serta gunakan hand brake atau rem tangan, saat berhenti di tanjakan.

BACA JUGA: Sebuah Mobil Tersambar KA di Kedungjati Grobogan

Tak hanya itu, Kasat Lantas meminta kepada masyarakat, untuk tidak sungkan bertanya atau meminta bantuan kepada petugas kepolisian maupun Disperkimhub dan TNI, apabila mengalami kendala saat berkendara menuju Dieng.

”Jangan sungkan meminta bantuan petugas, apabila mengalami kesulitan saat berkendara menuju Dieng. Jangan lupa pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik, sebelum berwisata menuju Dieng,” pesannya.

Muharno Zarka-Riyan