blank
DIALOG - Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo tengah berdialog dengan nelayan dan pemilik kapal di pelabuhan TPI Tanjungsari. (foto: dok/ist)

PEMALANG (SUARABARU.ID) – Maraknya kebakaran kapal di sejumlah daerah, membuat prihatin Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo. Karena itu pihaknya berupaya mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terjadi di Kabupaten Pemalang.

Bersama Kasat Polairud Polres Pemalang, komandan Posal Tanjungsari Pemalang, dan ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Pemalang, Kapolres berdialong dengan puluhan nelayan pemilik kapal yang bersandar di pelabuhan TPI Tanjungsari Pemalang, Rabu (4/5/2022).

Kapolres mengatakan, dialog dengan awak kapal dilakukan untuk mensosialisasikan beberapa faktor penyebab terjadinya kebakaran kapal.

“Di antaranya, akibat aliran arus pendek karena pemasangan kabel listrik yang tidak sempurna, bahan bakar kapal, serta percikan api,” kata Kapolres.

Oleh karena itu, Kapolres mengatakan, penyediaan perlengkapan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) wajib disiapkan untuk mencegah kebakaran kapal terjadi di pelabuhan kapal.

“Apalagi hampir seluruh material kapal terbuat dari barang yang mudah terbakar,” tandasnya.

Selain itu, Kapolres Pemalang menambahkan, sistem keamanan lingkungan oleh para awak kapal di pelabuhan TPI Tanjungsari Pemalang juga diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. “Dengan adanya pengawasan melalui sistem keamanan lingkungan, potensi kebakaran kapal dapat ditangani dengan cepat sebelum merembet ke kapal lain yang bersandar di Pelabuhan TPI,” kata Kapolres.

Nur Muktiadi