blank
PAPARAN - Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho saat paparan bersama wartawan di Kota Tegal. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – PT Pertamina Patra Niaga Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) telah mempersiapkan dan mengoptimalkan ketersediaan BBM dan LPG tetap terjaga selama bulan Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1443 H Tahun 2022, khususnya di wilayah Kota/Kabupaten Tegal dan sekitarnya.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho kepada wartawan Selasa (26/4/2022) memaparkan, bahwa tren peningkatan konsumsi BBM dan LPG rata-rata mengalami peningkatan.

Di wilayah Kota dan Kabupaten Tegal, proyeksi peningkatan BBM jenis gasoline sebesar 28 persen, dari semula rata-rata harian normal 456 KL menjadi 582 KL. BBM gasoil diprediksi meningkat 2,6 persen dari semula rata-rata harian normal 324 KL menjadi 333 KL. Sementara konsumsi LPG diprediksi meningkat 4,1 persen dari semula rata-rata harian normal 208 MT menjadi 216 MT.

Di wilayah Tegal Raya atau Pantai Utara (Pantura) yang meliputi Kota/ Kabupaten Tegal, Pekalongan, Brebes, dan Pemalang, proyeksi peningkatan BBM jenis gasoline sebesar 28 persen, dari semula rata-rata harian normal 1.475 KL menjadi 1.885 KL. BBM gasoil diprediksi meningkat 3 persen dari semula rata-rata harian normal 949 KL menjadi 980 KL. Sementara konsumsi LPG diprediksi meningkat 5 persen dari semula rata-rata harian normal 698 MT menjadi 735 MT.

Kebutuhan Lebaran

Di samping memastikan kesediaan suplai BBM, Pertamina juga menjamin ketersediaan LPG di wilayah Jawa Tengah dengan menambah armada skid tank, menyiapkan 664 Agen Siaga dan 5.157 Pangkalan Siaga PSO dan 942 Outlet NPSO yang beroperasi saat masa libur lebaran, bahkan khusus wilayah dengan demand tinggi beberapa Agen LPG disiagakan 24 jam.

Tidak hanya itu, konsumen juga dapat dimudahkan memesan Bright Gas menggunakan layanan Pertamina Delivery Service 135. “Melalui Pertamina Delivery Service, konsumen dapat menghubungi call center pertamina 135 dan kami akan mengirimkan tabung Bright Gas dari agen LPG terdekat kami,“ ungkap Brasto.

Brasto menjelaskan bahwa Pertamina telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang mulai aktif bekerja pada tanggal 11 April hingga 10 Mei 2022 nanti. Sebagai antisipasi padatnya arus mudik lebaran yang menyebabkan kemacetan, Pertamina juga menyiapkan SPBU Kantong berupa mobil tangki yang disiagakan sebagai kantong/cadangan suplai BBM di titik-titik yang rawan dengan kemacetan.

Beberapa SPBU yang berada di beberapa lokasi strategis pun akan beroperasi selama 24 jam. “Kami menghimbau bagi masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki full di SPBU sebelum berangkat dan untuk mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan, masyarakat dapat menggunakan aplikasi MyPertamina atau menghubungi layanan kontak Pertamina di nomor 135,” tutup Brasto.

Nino Moebi