blank
Kegiatan apel pembukaan Siaga SAR Khusus Lebaran 2022 yang berlangsung di area gedung siaga SAR, yang dipimpin oleh Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 diprediksi akan terjadi lonjakan arus mudik yang masif, terutama dari Jakarta menuju ke berbagai daerah.

Hal itu terjadi mengingat selama 2 tahun terakhir ini masyarakat dihimbau tidak melakukan mudik karena masih tingginya Covid-19.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan khususnya bagi pemudik, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggelar Siaga SAR Khusus Lebaran 2022/1443 H.

Siaga SAR khusus Basarnas ini lebih fokus melakukan evakuasi dan penanganan medis darurat, baik korban kecelakaan maupun kondisi yang membahayakan manusia.

Siaga SAR khusus ini serentak dibuka oleh Kepala Basarnas yang dilaksanakan oleh 44 UPT Basarnas, tak terkecuali di Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Semarang.

Di Semarang, kegiatan apel pembukaan Siaga SAR Khusus Lebaran 2022 berlangsung di area gedung siaga SAR, yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto.

Dalam menyampaikan sambutan Kepala Basarnas, Heru mengatakan, mudik tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas warga masyarakat, sehingga perlu diantisipasi.

“Di wilayah kerja Kantor SAR Semarang akan ditempatkan 1 Hely Rescue Dauphin AS- 365 N3 + ( HR 3606) yang akan standby di pintu Tol Kalikangkung, serta penugasan beberapa tim rescue beserta alut yang akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis dan rawan kecelakaan, seperti di pelabuhan maupun patroli jalan tol,” terangnya, Selasa (26/4/2022).

Selain itu juga akan ada tim yang ditempatkan di bandar udara, terminal bus, serta pemantauan daerah wisata berpotensi bahaya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kesiapsiagaan SAR dalam rangka Siaga SAR Khusus Lebaran adalah agenda yang kita laksanakan setiap tahun, untuk meningkatkan koordinasi, kesiapan personil, peralatan, keterampilan, kesigapan dalam peningkatan kecepatan waktu tanggap (respon time) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19,” ungkap Heru.

Pada kesempatan tersebut, Heru menekankan kepada petugas Siaga SAR Khusus Lebaran agar tetap semangat, menjaga kesehatan, dan menunaikan kewajiban dengan penuh tanggung jawab.

“Saya yakin kita semua mampu melaksanakan dengan baik sesuai misi dan visi,” tandasnya.

Ning