BIMTEK - Pelaksanaan Bimtek yang digagas oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fikri bersama Kemenparkraf. (foto: dok/ist)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Wakil Ketua Komisi X-DPR-RI Dr H Abdul Fikri Faqih MM bersama Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan Sadar Wisata.

Bimtek dengan mengambil tema ‘Peran Masyarakat dalam Menerapkan Sadar Wisata’ dilaksanakan di Hotel Khas Tegal, Jalan Gajahmada Kota Tegal, Sabtu (23/4/2022).

“Bimtek bertujuan untuk memberikan peningkatan pemahaman dan pengetahuan tentang penerapan sapta pesona, CHSE, pelayanan prima dan pengembangan potensi produk pariwisata bagi masyarakat pelaku pariwisata di Kota Tegal,” kata Wakil Ketua Komisi X-DPR-RI, Abdul Fikri Faqih.

Wakil Ketua Komisi X-DPR-RI, Abdul Fikri Faqih.

Lebih lanjut H Abdul Fikri menyampaikan bahwasanya pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor yang sangat terpuruk akibat dari pandemi Covid-19. Sedangkan dua sektor tersebut secara tidak langsung turut menyumbang devisa negara.

“Melalui Bimtek yang dilaksanakan hari ini merupakan wujud upaya memulihkan dan menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat akan wisata maupun ekonomi kreatif,” ujar Abdul Fikri Faqih yang akrab dipanggil Fikri.

Menurut Fikri persoalan wisata dan ekonomi bukan hanya menjadi tugas dari pemerintah saja melainkan mengajak akademisi, pebisnis, investor ataupun komunitas yang berhubungan dengan wisata agar turut mengangkat kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya yang ada di wilayahnya.

Fikri berharap dengan kondisi yang saat ini tengah melonggar dan bisa berkelanjutan dapat memberikan kesempatan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pulih kembali.

Terpisah Inspektur II Kementerian Pariwisata dan Eknomi Kreatif, Kamal Rimosan mengatakan, tujuan diadakannya Bimtek untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi dengan harapan agar bisa ditularkan kepada masyarakat khususnya di wilayah Kota Tegal agar mempunyai pemahaman yang sama tentang wisata dan delapan sapta pesona pariwisata.

Kepala Disporapar (Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata) Kota Tegal, Irkar Yuswan menyampaikan, sangat menyambut baik upaya Kemenparekraf memberikan Bimtek pada para pelaku ekonomi kreatif dan pelaku pariwisata yang ada di Kota Tegal. Saat ini dengan kelonggaran yang sudah dirasakan oleh masyarakat, Pemerintah Kota Tegal akan mengembangkan 3 potensi wisata pantai yaitu Pantai Kodok, Pantai Batamsari dan Pantai Komodo.

“Nantinya ketiga destinasi wisata tersebut akan dikelola Pemkot Tegal dengan tetap memberdayakan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang sudah terbentuk. Sehingga diharapkan dengan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif, juga turut mensejahterakan masyarakat yang ada di sekitarnya,” ungkapnya.

Nino Moebi