Sudah tidak ada aktivitas pada tanggal 23 April 2022.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sikap tegas Pemerintah Kabupaten Jepara yang dituangkan melalui surat  Sekretaris  Daerah Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko, S.Sos, MM,MH kepada Direktur PT. Levels Hotels Indonesia di Denpasar Bali, tak membuat pengusaha asing ini serta merta  berhenti.

Padahal dalam surat nomor 640.1/1577 tertanggal 18 April 2022 telah diperintahkan  Penghentian Sementara Pembangunanan Startup Island Karimunjawa sampai dipenuhinya  dokumen Dokumen Lingkungan dan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG; dan Sertifikat Layak Fungsi (SLF).

Namun berdasarkan pemantauan KAWALI  selama tiga hari dilokasi, hingga  tanggal 21 April 2022 ditemukan fakta lapangan yang menunjukkan bahwa aktivitas pembangunan tetap terus berlangsung.Terlihat kerangka-kerangka unit-unit rumah yang sudah berdiri, traktor-traktor masih dijalankan, truck molen yang lalu lalang.

“Kami menduga perusahaan ini memiliki beking. Sebab sebenarnya sejak tahun 2021, perlanggaran ini sudah kami laporkan keberbagai pihak. Sebab Pemkab menganggap investasi PT. Levels Hotels Indonesia ini legal dan telah bisa melakukan pembangunan hotel ,” ujar Ketua KAWALI Jepara, Tri Hutomo.

Tri Hutomo mengaku  sangat prihatin atas bandelnya PT LHI dan terkesan terjadi pembiaran dari pejabat yang berwenang untuk menghentian sementara semua kegiatan pembangunan Start Up Island oleh PT LHI sampai perijinan terpenuhi.

Dengan kejadian tersebut harusnya pemangku kebijakan wilayah bertindak tegas, sudah jelas belum memiliki perijinan dasar dan tidak melalui prosedur yang benar serta  Rekomendasi dari Kementerian Investasi dan Permodalan/BKPM, dan mengabaikan surat Sekda Jepara bernomor 640.1/1577 pada tanggal 18 April 2022 untuk penghentian sementara pembangunan The Startup Island Karimunjawa. Dengan diabaikannya peraturan perundangan yang berlaku maka PT.Levels Hotels Indonesia diduga telah melakukan kejahatan lingkungan hidup.

Sudah berhenti

Kepala Satpol PP dan Damkar Jepara, Junaidi  yang Sabtu (23/4-2022) mendapatkan informasi masih adanya aktivitas pembangunan The Startup Island Karimunjawa segera melakukan koordinasi dengan Camat Karimunjawa. “Sabtu kemarin sudah tidak ada aktivitas pembangunan,” ungkap Junaidi.

Ia juga menegaskan, hendaknya PT.Levels Hotels Indonesia taat hukum dan segera memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dalam sebuah investasi. Ini prinsip.

Hadepe