blank
Salah satu warga ketika diambil darahnya dalam bakti sosial donor darah di RSI Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Guna memenuhi stok darah di PMI menjelang lebaran 1443 H, Rumah Sakit Islam (RSI) Wonosobo Jawa Tengah menggelar donor darah di Selasar Poli Umum RSI setempat, Sabtu (23/4/2022), malam.

Donor darah diikuti karyawan dan karyawati RSI serta masyarakat umum. Donor darah dimulai pukul 19.00 WIB hingga jam 21.00 WIB. Para pendonor tampak antusias diambil darahnya untuk kepentingan kemanusiaan.

Kepala Sub Bagian Humas, Pemasaran dan Hukum RSI Wonosobo, Ngumar mengatakan sebelum diambil darahnya, pendonor terlebih melakukan registrasi dan screening kesehatan yang dilakukan oleh petugas medis dari RSI.

“Kegiatan donor darah sudah rutin dilakukan RSI 4 bulan sekali dan saat ini dilakukan bertepatan dengan bulan ramadan. Namun sempat vakum sekali tidak digelar donor darah karena terjadi pandemi global Covid-19,” ujar pria yang juga seorang perawat senior di RSI itu.

70 Kantong

blank
Petugas medis dari RSI saat melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para pendonor darah. Foto : SB/Muharno Zarka

Ngumar menambahkan dalam donor darah kali ditargetkan bisa mendapatkan 70 kantong darah. Darah selanjutnya akan diserahkan di PMI Wonosobo sebelum diberikan ke pasien yang membutuhkan transfusi darah.

“Pada saat lebaran biasanya stok darah di PMI Wonosobo menipis. Karena itu, guna mengantisipasi hal tersebut, RSI berinisiatif menggelar acara donor darah untul kemanusiaan,” tutur dia.

Pihaknya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para pendonor yang telah mendonorkan darahnya. Diharapkan apa yang telah dilakukan bisa membantu pasien yang membutuhkan transfusi darah di RSI maupun rumah sakit lainnya.

“Setetes darah yang telah didonorkan sangat bermanfaat bagi pasien yang membutuhkan. Selain bermanfaat secara sosial, donor darah rutin juga sangat bagus untuk kesehatan bagi pendonor itu sendiri” pungkasnya.

Muharno Zarka