blank
Kepala Kemenag Wonosobo Ahmad Farid foto bersama usai meninjau vaksinasi di Polres setempat. Foto : SB/dok

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Sebagai tindak lanjut Instruksi Menteri Agama RI, Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo bekerja sama dengan Polres Wdan PCNU setempat menggelar “Gerakan Sejuta Vaksin Booster tahun 2022”.

Gerakan Sejuta Vaksin Booster dilaksanakan di halaman parkir Mapolres Wonosobo mulai Kamis (21/4) hingga Sabtu (23/4). Ratusan warga tampak antri untuk menunggu giliran divaksin oleh petugas medis.

Kepala Kantor Kemenag Wonosobo, Ahmad Farid meninjau langsung pelaksanaan vaksin didampingi Wakapolres Wonosobo, Kompol Andi Setiyo Wibowo SSi SIK MIK dan sejumlah pejabat utama Polres Wonosobo.

H Ahmad Farid menegaskan bahwa vaksin booster tidak membatalkan puasa. Sehingga orang yang sedang berpuasa pun diperbolehkan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 tanpa merasa khawatir ibadah puasanya akan batal.

“Sesuai fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), vaksin tidak membatalkan puasa. Jadi kami mengajak masyarakat Wonosobo untuk berbondong-bondong mendatangi lokasi vaksin di Polres maupun tempat lain,” tegasnya.

5000 Dosis

blank
Warga Wonosobo tampak antri menunggu giliran divaksin di Polres Wonosobo. Foto : SB/dok

Dirinya juga menghimbau masyarakat mengajak anggota keluarganya untuk ikut vaksin booster. Bila perlu, bagi yang belum mendapatlan vaksin dosis 1 dan 2 bisa juga melengkapi vaksin di Polres Wonosobo.

“Kemenag, PCNU dan Polres Wonosobo sudah menyiapkan sejumlah 5000 dosis vaksin untuk masyarakat Wonosobo dan sekitarnya, menjelang Idul Fitri 1443 H mendatang. Kesempatan tersebut harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Wakapolres Wonosobo Kompol Andi Setiyo Wibowo, SSi SIK MIK menambahkan vaksinasi Covid-19, baik dosis 1, 2 maupun booster, sebagai upaya peluasan cakupan vaksinasi bagi warga menjelang lebaran 1443 H. Semakin banyak warga yang divaksin akan semakin baik.

“Kebijakan pelonggaran mudik dan silaturrahmi saat lebaran, harus dimanfaatkan warga untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Sehingga pemudik atau keluarganya dipastikan aman dan sehat karena sudah mendapatkan vaksinasi lengkap,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Ketua PCNU Wonosobo Dr KH Ngarifin Shidiq MPdI, Jumat (22/4/2022), melaporkan selain digelar di Polres vaksinasi juga dilaksanakan di Kantor MWCNU dan beberapa pondok pesantren di Wonosobo guna meluaskan cakupan warga yang divaksin.

Muharno Zarka