blank
Ilustrasi apel. Foto: Pixabay

JAKARTA (SUARABARU.ID)- Selama menjalani ibadah puasa perlu sekali untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi makanan yang tepat, maka ibadah puasa yang dijalani akan berjalan dengan maksimal.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, seperti buah-buahan nyatanya sangat penting untuk dilakukan. Selain agar berjalan dengan maksimal, mengonsumsi buah-buahan yang tepat juga dapat membantu seseorang untuk merasa kenyang lebih lama.

Dilansir dari Poskota.co.id pada Kamis (21/4/2022), berikut 4 buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi saat puasa.

1. Pepaya

Baca Juga: Ini Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Selain baik untuk sistem pencernaan, mengonsumsi buah papaya membuat tubuh akan mendapatkan asupan vitamin A, vitamin C, serta berbagai antioksidan.

Pepaya juga mengandung vitamin C dan pro-vitamin A yang dapat membantu memecah serta makanan dalam sistem pencernaan tubuh.

2. Apel

Mengandung banyak vitamin dan mineral membuat buah apel baik untuk dikonsumsi saat puasa. Kandungan serat yang ada di dalam apel dapat membantu menyiapkan organ-organ pencernaan untuk menerima makanan yang lebih padat serta dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Baca Juga: 4 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Selain itu, mengonsumsi apel saat puasa dapat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Pisang

Mengonsumsi buah pisang dapat meningkatkan energi dan membuat kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan kombinasi tepat antara karbohidrat kompleks, serat, gula alami, asam amino, serta mineral yang terdapat pada pisang.

Selain itu, kandungan kalium yang terdapat dalam pisang dapat melindungi sistem pencernaan dan menebalkan dinding usus sehingga meminimalisir terjadinya peradangan yang menyebabkan rasa melilit pada penderita maag.

Baca Juga: Lima Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

4. Semangka

Ketika berpuasa, cairan dalam tubuh tentunya berkurang. Maka dari itu, guna mengisi kembali cairan tubuh yang hilang, disarankan untuk mengonsumsi buah semangka.

Hal ini akan membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, semangka termasuk rendah kalori dan kandungan airnya yang tinggi dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

Kandungan serat yang tinggi di dalam buah semangka juga penting untuk membantu sistem penceranaan dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Claudia