blank
Siswa kelas 7-9 SMPN1 Padureso, Kebumen, mengikuti Pesantren Kilat Ramadan selama 30 hari di ruang kelas.,(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Semarak Bulan Ramadan 1443 H Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Padureso, Kebumen, menggelar Pesantren Kilat selama sebulan di sekolah setempat.

Peserta sekitar 190 siswa berasal dari kelas 7-9, mengikuti Pesantren Kilat dengan antusias di ruang kelas masing-masing pada PuKul 08.00 Wib. Mengangkat tema “Lebih Dekat dengan Alquran.” Kegiatan tersebut tidak hanya bagi peserta didik, melainkan seluruh elemen sekolah.

Kepala Sekolah SMPN 1 Padureso  Drs  Agus Mohammad Jumali MPd  Kamis (21/4) menjelaskan, kegiatan Pesantren Kilat Ramadan bertujuan agar peserta didik dan seluruh tenaga kependidikan dapat mendalami nilai-nilai ajaran Islam sesuai kitab suci Alquran.

blank
Pesantren Kilat Ramadan di SMPN 1 Padureso Kebumen mengundang narasumber Neo Ramdan Foundation.(Foto:SB/Ist),

“Dalam Bulan Suci Ramadan ini mari kita sambut dengan kegiatan-kegiatan yang memiliki
nilai amal soleh dengan cara mengikuti Pesantren Kilat Ramadan ini, terutama kita belajar
untuk mendalami nilai-nilai Alquran sehingga kita bisa merasa dekat dengan Alquran,”ujar dia.

Menurut Agus Jumali, Alquran sebagai satu-satunya ajaran yang harus diamalkan dalam kehidupan sekali pun dalam berproses mengajar dan belajar di sekolah.  Bahkan pembelajaran terhadap Alquran sesuai dengan tujuanpendidikan nasional.

“Mengapa kita mengangkat tema lebih dekat dengan Alquran, karena momentumnya tepat di bulan Ramadan serta perlu kita sadari bersama bahwa tujuan penddidikan nasional kita adalah membentuk  peserta didik  berakhlakul kharimah,”tambahnya.

Pesantren Kilat di SMPN 1 Padureso itu mengundang narasumber dari Neo Ramdan Foundation (NR Foundation). Kegiatan Pesantren Kilat Ramadan disampaikan dengan metode menghafal Alquran, pembelajaran akidah, akhlak, fikih, tadarus secara berjamaah dan diakhiri dengan shalat berjamaah.

Selain belajar di dalam kelas, rencananya santri SMP N 1 Padureso juga akan mengadakan pembagian takjil untk berbuka secara gratis. Kegiatan dalam pekan depan di sekitar Pasar Pon Padureso di perbatasan Kebumen-Wonosbo.

Komper Wardopo