blank
Ilustrasi kantuk saat bekerja. Foto: hellosehat.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Rasa kantuk bisa menyerang siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Bahkan pada waktu jam kerja. Kantuk biasanya dipicu oleh beberapa hal misalnya karena kurang tidur, kelelahan, atau lainnya.

Apabila kantuk menyerang di tempat kerja tentu sangatlah mengganggu karena bisa menghambat pekerjaan kita. Rasa kantuk juga dapat membuat kita kehilangan fokus saat bekerja yang berdampak pada kinerja kita.

Bagaimana cara kita mengantisipasi kantuk saat bekerja? Dilansir dari Suara.com, ada beberapa cara untuk mengatasi kantuk. Berikut 4 cara mengatasi rasa kantuk yang dapat kamu coba.

Pertama, usahakan untuk tetap aktif. Terkadang, terlalu lama duduk tanpa melakukan hal apa-apa dapat memicu timbulnya rasa lelah yang berujung pada rasa kantuk. Maka dari itu, usahakan agar kita tetap aktif di tempat kerja, meskipun kita sedang tidak mengerjakan tugas apa-apa.

Sekadar berjalan mengelilingi ruangan tanpa disadari dapat membuat rasa kantuk yang ada menjadi hilang. Selain itu, kita juga dapat berdiskusi dengan rekan kerja yang tengah luang di luar ruangan untuk menghilangkan rasa kantuk.

Kedua, mengatur napas. Salah satu penyebab kantuk selain kekurangan tidur dan rasa lelah ialah karena kadar oksigen yang tidak tercukupi di dalam otak. Maka dari itu, kita dapat mencoba untuk mengatur napas ketika mulai merasa mengantuk.

Caranya ialah dengan menarik napas dalam menggunakan perut, menahannya sebentar hingga perlahan-lahan mengembuskan kembali udara tersebut melalui mulut. Lakukan kegiatan ini selama 10 kali secara berulang. Niscaya, rasa kantuk akan berkurang karena oksigen menuju otak yang terpenuhi.

Ketiga, mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Cara yang paling banyak dilakukan orang untuk mengatasi rasa kantuk saat bekerja ialah dengan mengonsumsi minuman berkafein. Minuman yang mengandung kafein memang dapat membantu mengurangi rasa kantuk.

Akan tetapi, tetap perlu diperhatikan bahwa kita tidak mengonsumsi lebih dari satu cangkir kopi setiap harinya. Sebab, mengonsumsi kopi berlebih justru dapat membuat kita mengalami dehidrasi yang membuat tubuh menjadi lelah.

Keempat, mendengarkan musik. Mendengarkan musik juga salah satu cara yang diyakini dapat membantu mengurangi rasa kantuk yang dirasakan. Musik dengan irama yang keras bahkan ternyata dapat membantu tubuh mengusir lelah dan seolah-olah mendapatkan energi kembali.

Dengan menerapkan keempat cara di atas, mudah-mudahan kita semua bisa berhasil mengatasi rasa kantuk yang mengganggu saat bekerja.

Ning