blank
DIPADAMKAN - Pemadaman api yang membakar kapal dipimpin Danlanal Tegal, Letkol Ridwan Aziz bersama TNI-Polri, awak kapal dan warga. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Kebakaran kembali terjadi di Pelabuhan Kota Tegal Minggu (17/4/2022) sekira pukul 08.00 WIB. Kapal tangkap jenis jaring berkantong yang sedang bersandar tiba-tiba terbakar.

Lokasi kebakaran persis di lokasi kebakaran pada 29 Januari 2022 lalu yang menghanguskan belasan kapal. Karena berdekatan dengan bekas kapal yang terbakar, hingga api sempat menyambar pada puing kapal yang masih belum dievakuasi di Pelabuhan Pelindo Tegal.

Api berawal dari atap kapal Sari Asih Baru 01 milik Sugip (keluarga H Suradi) warga Kota Tegal. Api sempat mengenai puing kapal yang telah terbakar beberapa Sabtu 29 Januari 2022 lalu. Beruntung api berhasil dilokalisir dengan menarik kapal Sari Asih untuk ditambat oleh anggota TNI-Polri beserta warga yang dipimpin oleh Danlanal Tegal Letkol Marinir Ridwan Aziz.

“Kita berhasil melokalisir api. Kita belajar dari pengalaman kebakaran yang lalu. Informasi sementara asal.api dari atap kapal yang merupakan ruang nahkoda,” kata Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat di lokasi kejadian Minggu (17/4/2022).

Polisi segera mencari penyebab kebakaran. Untuk penyelidikan pihak Polres Tegak Kota segera meminta keterangan dari pemilik kapal dan nahkoda. “Nanti akan kita informasikan lebih lanjut, sementara kita fokus pada pemadaman api,” ujar Kapolres.

Api berhasil dipadamkan pukul 10.00 dengan mengerahkan 3 unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Tegal. Tidak ada korban jiwa, hanya korban luka pada kaki terkena pecahan kaca menimpa saksi yang juga sebagai motoris kapal Sahirin (51).

“Tidak tahu api asalnya dari mana. Tadi pagi saya habis buang air kecil keluar diteriakin ada api ternyata sudah membesar. Saya memecahkan kaca ternyata luka kena kaki,” kata Sahirin.

Ketua HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Jawa Tengah, H Riswanto saat di lokasi mengatakan, kerugian akibat kebakaran kali ini diperkirakan mencapai Rp 1 Miliar. “Ini semoga yang terakhir kalinya kebakaran yang terjadi di Pelabuhan Kota Tegal,” pinta Riswanto.

Riswanto berharap ada perhatian dari Pemerintah Kota Tegal. “Sekali lagi kita mendorong kepada Pemerintah Kota Tegal untuk segera untuk pengadaan mobil kebakaran dan sarana pemadam kebakaran di area Pelabuhan agar kejadian serupa tidak terulang lagi,” ujar Riswanto.

Nino Moebi