blank
Ilustrasi syarat agar taubat diterima di bulan Ramadan. Foto: Muslim.or.id

blank

Oleh: Ustadz Das’ad Latif

blank
Ustadz Das’ad Latif. Foto: Tangkapan layar Youtube

BULAN Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim. Pasalnya, bulan Ramadan merupakan bulan yang dapat memberikan ampunan kepada manusia.

Oleh karena itu pada bulan ini banyak sekali manusia yang berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah agar dosa dan taubat mereka diampuni oleh Allah SWT.

Ada 4 syarat yang harus dilakukan agar taubat diterima dan dosa diampuni pada bulan Ramadan. Syarat-syarat agar taubat diterima pada bulan suci atau bulan Ramadan tersebut sangat penting untuk diketahui.

Hal itu karena selain taubat akan diterima oleh Allah SWT, dosa kita juga akan diampuni jika melakukan 4 syarat tersebut. Taubat tersebut akan diterima namun harus ada syaratnya.

“Apakah kalau masuk Ramadan langsung dihapus dosanya, oh tidak. Kalau mau diampuni oleh Allah SWT pada bulan suci Ramadan, harus ada syaratnya. Lalu apa saja syarat agar taubat diterima dan dosa-dosa kita diampuni?”.

Pertama menyesal, agar dosa diampuni dan taubat diterima pada Bulan Ramadan adalah dengan menyesali kesalahan yang telah kita perbuat.

Kedua mengakui, kita mengakui segala perbuatan dosa yang telah diperbuat.

Ketiga tidak mengulang, point nomor tiga ini yang paling banyak dilanggar.

Oleh sebab itu jika sudah menyesal dan telah mengakui perbuatan dosa yang diperbuat, maka kita harus berjanji kepada Allah SWT, tidak akan melakukan perbuatan dosa lagi.

Keempat ganti dengan kebaikan. Setelah kita menyesal, mengakui, dan tidak akan mengulang lagi, maka gantilah kesalahan yang diperbuat dengan melakukan kebaikan.

Itulah 4 syarat yang harus dilakukan agar taubat diterima dan dosa diampuni pada bulan Ramadan.

Ustadz Das’ad Latif, dikutip dari kanal YouTube Das’ad Latif.