blank
Sebanyak 25 anak Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Masjid Aisyiah Kampung Dukuhan, Kelurahan Nayu, Kecamatan Banjarsari, Solo, mengikuti ngabuburit kreatif edukatif yang digagas Presiden Republik Aeng-Aeng Mayor Haristanto.

SOLO (SUARABARU.ID) – Ngabuburit sambil beraktivitas kreatif mewarnai gambar kaligrafi. Ini yang dilakukan anak-anak Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Masjid Aisyiah Kampung Dukuhan, Kelurahan Nayu, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Kegiatan kreatif untuk menunggu waktu tiba berbuka ini, diprakarsai oleh Presiden Republik Aeng-Aeng, Mayor Haristanto. Kaligrafi yang diwarnai tercetak di media kertas ukuran A3, bergambar tulisan indah Allohu Akbar dan Muhammad.

Berlangsung Kamis petang (14/4), kegiatan ini digelar di tepi ruas Jalan Gunung Slamet 2, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. ”Banyak cara untuk menanti saat buka puasa. Salah satunya adalah mewarnai gambar kaligrafi,” ujar Mayor Haristanto.

Mayor, tokoh kreatif Kota Bengawan yang sejak Tahun 2000 menerima 31 anugerah pemecahan rekor dunia dari MURI ini, menyatakan, kegiatan mewarnai tersebut diharapkan menjadi cara baru untuk mengedukasi anak-anak saat menanti waktu berbuka.

Yakni dengan mengisi kegiatan kreatif saat ngabuburit, melalui aktivitas edukatif bermain sambil belajar. ”Sekaligus sebagai media untuk mengagungkan Asma Allah,” papar Mayor Haristanto sebagai pemrakarsa kegiatan.

Ini, tambah Mayor, merupakan kegiatan ngabuburit kreatif yang telah digelar di tahun keempat. Ngabuburit kreatif edukatif ini, ditradisikan setiap tahun di saat datang Bulan Suci Ramadan. ”Hasil mewarnai mereka, menjadi karya lukis yang dapat dipajang di rumah masing-masing,” jelas Mayor.

Menandai berakhirnya kegiatan mewarnai ini, kepada anak-anak dibagikan takjil berupa kolak manis, dari Roemah Tiga yang menjadi wadah alumni SMA Negeri 3 Surakarta.

Bambang Pur