blank
Ilustrasi kecantikan. Foto: Pixabay

JAKARTA (SUARABARU.ID)- Kulit yang sehat berasal dari dalam. Menggunakan produk perawatan kulit dapat mengatasi masalah pada tingkat permukaan, tetapi makanan yang seimbang tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan kulit dan juga membuat kamu tetap sehat pada saat yang bersamaan.

Untuk memiliki kulit yang sehat dan bercahaya, diperlukan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan bergizi dan mengurangi asupan makanan tidak sehat seperti makanan olahan, berminyak, dan gorengan.

Dilansir dari Poskota.co.id, berikut beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan kulit:

Baca Juga: Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

1. Alpukat
Alpukat mengandung lemak sehat yang dapat membantu kulit tetap lembab dan kencang. Buah ini juga mengandung vitamin C dan E – 2 nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung kesehatan kulit dan melawan pembentukan radikal bebas.

Alpukat juga kaya akan biotin, vitamin B yang diyakini oleh beberapa ahli gizi dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Kekurangan biotin dapat menyebabkan masalah kulit seperti ruam, sakit, psoriasis, dermatitis dan gatal-gatal secara keseluruhan.

Baca Juga: Tujuh Tips Belajar Daring yang Efektif untuk Pelajar

2. Wortel
Wortel kaya akan vitamin A, yang dapat melawan kulit terbakar, kematian sel, dan kerutan.

Kamu bisa mendapatkan vitamin A dengan mengonsumsi provitamin A melalui buah-buahan, sayuran, dan produk nabati lainnya.

Tubuh akan mengubah beta-karoten menjadi vitamin A untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Provitamin A juga dapat ditemukan pada jeruk, bayam, ubi jalar, labu kuning, paprika, brokoli dan banyak lagi.

Baca Juga: Keluarga Anda Menghadapi Masalah Keuangan, Simak 5 Tips Ini

3. Kedelai
Kedelai mengandung isoflavon yang menghalangi estrogen dalam tubuh untuk membantu mengurangi munculnya keriput dan meningkatkan elastisitas kulit.

Wanita pascamenopause juga bisa mendapatkan keuntungan dari isoflavon karena dapat mencegah kulit kering dan meningkatkan produksi kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit. Kedelai juga melindungi kulit dari radiasi ultra violet, yang dapat mencegah beberapa jenis kanker kulit. Anda juga dapat menemukan isoflavon dalam buncis, pistachio, dan kacang tanah.

4. Cokelat hitam
Anda tidak perlu takut untuk menikmati suguhan manis sesekali. Cokelat hitam bermanfaat untuk kulit karena bubuk kakao mengandung banyak antioksidan.

Baca Juga: Tips Rasulullah Puasa Saat Cuaca Panas dan Terik Matahari Sangat Menyengat

Antioksidan ini menghidrasi dan menghaluskan kulit Anda, membuat kulit kurang sensitif terhadap sengatan matahari dan meningkatkan aliran darah pada kulit. Buat pilihan yang sehat dengan memilih sebatang cokelat hitam dengan 70% kakao untuk lebih banyak kandungan antioksidan dan lebih sedikit gula tambahan.

5. Teh Hijau
Teh Hijau telah dinyatakan dapat melindungi kulit dari stres eksternal dan penuaan. Hal ini karena teh hijau kaya antioksidan dan mengandung katekin yang melindungi kulit, mengurangi kemerahan, meningkatkan hidrasi, dan meningkatkan elastisitas.

Diet kaya antioksidan bersama dengan hidrasi yang memadai dapat meratakan tekstur kulit Anda, memperkuat tekstur kulit Anda dan meningkatkan kesehatan kulit Anda secara keseluruhan. Hindari menambahkan susu ke teh hijau karena kombinasi tersebut dapat mengurangi efek antioksidan yang ada dalam teh hijau.

Baca Juga: Benarkah Ghibah di Bulan Ramadan Membatalkan Puasa?

Itulah beberapa makanan yang bagus untuk kesehatan kulit sekaligus dapat merawat kecantikan. Selain itu, jangan lupa untuk tetap penuhi asupan air dalam tubuh, karena air berperan besar dalam penampilan kulit Anda.

Air memastikan kulit memiliki kelembapan yang cukup, yang mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Hal ini juga membantu penyerapan nutrisi, pembuangan racun dan sirkulasi darah selama bulan Ramadan.

Claudia