blank
Ilustrasi amalan sunnah Ramadan. Foto: Id.theasianparent.com

blank

Oleh: Ustadz Hilman Fauzi

blank
Ustadz Hilman Fauzi. Foto: IG ahilmanfauzi

BULAN Ramadan disebut bulan yang sangat suci dan mulia. Mengapa demikian? Karena pada bulan Ramadan setiap perbuatan baik kita akan mendapat pahala yang berlipat ganda, setiap dosa akan diampuni, dan setiap doa akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Untuk itu, seseorang yang diberi kesempatan bertemu dengan bulan Ramadan pasti tidak akan mensia-siakan setiap harinya, kecuali untuk mengisi amalan-amalan kebaikan.

Selain wajib melaksanakan ibadah puasa, ada beberapa amalan-amalan sunnah yang semestinya kita lakukan di bulan suci ini.

Ada sejumlah amalan sunnah yang sebaiknya kita lakukan di bulan Ramadan, diantaranya:

1. Mendekatkan diri dengan Al-Qur’an

Sebagai umat muslim yang baik kita dianjurkan untuk mendekatkan diri dengan kitab suci Al-Qur’an saat bulan Ramadan. Kita bisa melakukan amalan sunnah ini dengan membaca, mendengar, menghapal dan mentadabburi-nya.

‘Seseorang yang mendekatkan diri dengan Al-Qur’an saat bulan Ramadan, maka sungguh dia sedang memuliakan dirinya dihadapan Allah SWT’.

Hal ini karena Al-Qur’an diturunkan pada bulan suci Ramadan. Dengan demikian, amalan sunnah pertama yang bisa kita lakukan saat bulan Ramadan tiba adalah banyak berinteraksi dengan Al-Qur’an.

2. Hidupkan malam Ramadan

Saat Ramadan, kita disunnahkan untuk menghidupkan malam-malam Ramadan, seperti melakukan shalat tarawih di masjid dan shalat qiyamul lail.

Salat-salat ini merupakan amalan baik yang bisa kita persembahkan kepada Allah SWT ketika bulan suci Ramadan. Apalagi dengan meramaikan 10 hari terakhir bulan Ramadan dengan beritikaf.

Kita juga harus tahu bahwa di bulan Ramadan ada satu malam yang kualitasnya lebih baik daripada 1000 bulan, yaitu malam lailatul qadar.

‘Maka seseorang yang menghidupkan malam-malam Ramadan dengan amal-amal ibadah terbaik sepert shalat, zikir, ta’lim, menuntut ilmu itu diantara amal-amal yang dicintai oleh Allah SWT’.

3. Infaq dan Shodaqoh

Amalan sunnah yang patut kita lakukan saat bulan Ramadan selanjutnya adalah berinfaq dan bershodaqoh.

‘Rasulullah SAW adalah orang yang begitu gemar berinfaq dan bershodaqoh. Beliau akan semakin banyak berinfaq dan bershodaqoh ketika bulan Ramadan tiba’.

Bahkan dalam satu hadist menyebutkan, ‘Barang siapa yang memberi hidangan memberi makan kepada orang yang berbuka puasa, maka dia akan mendapatkan pahala seperti dia sedang berpuasa’.

4. Memperbanyak doa

Perbanyaklah berdoa saat bulan Ramadan datang. Sebab, ada 3 doa yang tidak akan tertolak.

‘Yang pertama doa seorang pemimpin yang adil, kedua doa orang-orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan yang ketiga adalah doa orang yang dizhalimi’.

Dikutip dari Kanal Youtube Ahilmanfauzi (Ustadz Hilman Fauzi).