blank
INSPEKSI - Wali Kota Tegal bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal melakukan inspeksi mendadak ke pasar tradisional dan mini market. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Menjelang Lebaran Tahun 1443 H, di Kota Tegal harga sembako mengalami kenaikan. Sedangkan minyak curah masih susah didapati.

“Kenaikan bahan pokok saat ini ada masih relatif wajar, kurang lebih 5 hingga10 persen untuk kenaikan menjelang lebaran, akan tetapi minyak curah hampir semuanya kosong. Kita lihat hanya ada satu toko,” kata Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriono bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal disela inspeksi mendadak ke pasar Pagi dan mini market Selasa (12/4/2022).

Dalam inspeksi Dedy bersama Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat, Sekda Kota Tegal Johardi dan Kepala Perwakilan Cabang Bank Indonesia Tegal, M Taufik Amrozi menyebutkan, hasil temuan di lapangan untuk minyak curah harganya Rp 20 ribu per kilonya. Harga tersebut selisih Rp 5 ribu dengan minyak kemasan. Kalau minyak kemasan Rp 25 ribu. Sedangkan minyak curah Rp 20 ribu. Daging kambing Rp 140 ribu dan harga daging sapi Rp 130 ribu.

Harga cabai rawit kata Dedy relatif turun. Bukan kemarin Rp 40 ribu-Rp 50 ribu saat ini turun menjadi Rp 25 ribu per Kg. Sedangkan cabai keriting saat ini di angka Rp 30 ribu Kg. Harga beras ada tiga macam, dari yang terendah Rp 10 ribu per Kg, yang medium Rp 12 ribu dan premium Rp 14 ribu per Kg.

Untuk harga daging ayam sayur Rp 42 ribu per Kg, ayam kampung Rp 65 ribu per Kg. Harga tersebut hampir ini seperti tahun kemarin. Harga gula pasir di bulan sebelumnya Rp 12.500-Rp 13.000 per Kg, saat ini Rp 14 ribu per Kg.

Nino Moebi