blank
Staf Ahli Abdul Kadir Karding, Ibnu Ngakil , menyerahkan bantuan uang, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Anggota DPR RI, H Abdul Kadir Karding (AKK), selama bulan Ramadan ini memberi bantuan kepada 1.249 anak yatim piatu di Daerah Pemilihan (Dapil) VI Jateng yang meliputi wilayah Kabupaten dan Kota Magelang, Temanggung, Wonosobo dan Purworejo. Hari ini penyerahan bantuan uang dan berbuka puasa bersama dilakukan di Yayasan Yatim Piatu Brayat Al Falah 1, Borobudur, Kabupaten Magelang.

“Total bantuan kepada 1.249 orang berupa uang dan berbuka puasa bersama. Selama satu bulan ini mulai awal sampai akhir puasa Ramadan,” kata Staf Ahli AKK, Ibnu Ngakil, hari ini Selasa sore (12 April).

Hari ini AKK tidak bisa hadir secara langsung lantaran ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Dijelaskan, amalan seperti itu rutin dilakukan AKK setiap Bulan Puasa. Selain itu setiap hari Jumat memberi santunan ke panti asuhan. “Kadang paket sembako, kadang uang santunan dan makan bersama,” tutur pria asal Wonosobo itu.

Dikatakan, Abdul Kadir Karding menyampaikan salam.
Pesannya, bulan puasa ini merupakan bulan penuh berkah dan penuh ampunan. Asal bisa menjalankan puasa dengan baik dan lancar.

Meski nasib orang beda, misalnya ada yang punya orang tua dan tidak, tetapi masa depan ditentukan sejauh mana mau kerja keras, prihatin, mandiri dan rajin belajar. “Belum tentu yang punya orang tua lengkap bisa mensyukuri dan punya masa depan sukses. Banyak yang lahir dari kondisi kurang beruntung tetapi akhirnya sukses, berkat usaha keras, punya kemauan dan kemandirian,” tuturnya.

blank
Ibnu Ngakil memberi arahan di Yayasan Yatim Piatu Brayat Al Falah Borobudur. Foto: eko 

Situasi yang dirasakan hari ini harus jadi pemacu semangat ke depan untuk meraih kesuksesan di masa depan. Kuncinya mau belajar, disiplin waktu, membiasakan shalat berjamaah tepat waktu. “Kalau mau membiasakan shalat berjamaah fadilahanya luar biasa,” katanya.

Staf ahli Mas Karding itu selebihnya mengatakan, di antara amalan terbaik di bulan Ramadan yakni bersedekah dan memberi makan bagi orang yang membutuhkan. “Ali bin Abi Thalib pernah berkata: Barang siapa mengeluarkan sedekah kepada orang miskin, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya,” katanya.

Ditambahkan, sedekah paling utama adalah yang dikerjakan di bulan Ramadan. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang memberi berbuka orang puasa, baginya pahala seperti pahala orang berpuasa tadi tanpa dikurangi dari pahalanya sedikit pun,” (HR Ahmad, Nasai, dan dishahihkan al-Albani).

Dia yang hadir bersama seluruh Tim Mas Karding Kabupaten Magelang itu memaparkan,kegiatan santunan pada anak yatim piatu dan duafa di bulan Ramadan ini merupakan salah satu ibadah. Khususnya
ketika mau berbagi makanan dan sedekah menjadi keutamaan. Manfaat lain, mampu memotivasi anak yang sudah tidak punya orang tua. Agar mereka semangat menjalani hidupnya dan mau belajar supaya masa depannya jauh lebih baik.

Dalam acara yang dihadiri pengurus panti asuhan, Kyai Sutrasno itu, Ketua Tim AKK Kabupaten Magelang, Dra Siti Marzukoh minta doa agar senantiasa mampu mengawal Abdul Kadir Karding.
“Kami minta doa restu selama mendampingi Mas Karding diberi kesehatan dan kelonggaran hati. Menjadi pendamping AKK adalah sesuatu yang luar biasa dan butuh benteng diri. Anak-anak ini beruntung karena mendapat santunan dan bantuan. Semoga Mas Karding bisa menyelesaikan tugas sampai 2024 dan ditambah rejekinya, sehingga tahun depan bisa menggelar acara seperti ini lagi,” harapnya.

Eko Priyono