blank
RSUD KRT Soetjonegoro Wonosobo ketika menerima penghargaan dari GKM Jateng. Foto : SB/dok

WONOSOBO(SUARABARU.ID)- Inovasi layanan dari Instalasi Gawat Darurat RSUD KRT Soetjobegoro Wonosobo “Siap Jemput Ambulance Gratis Oke” (Si Jago), berhasil meraih predikat sebagai juara pertama, dalam konvensi Gugus Kendali Mutu (GKM) se-Jawa Tengah.

Mewakili Wonosobo dalam GKM yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Tengah di Semarang tersebut, Si Jago dinilai berhasil menurunkan angka Death On Arrival (DOA), alias kematian pasien saat pertama datang ke rumah sakit.

Pada gelaran Gugus Kendali Mutu tahun 2022, Si Jago masuk dalam kategori pelayanan jasa yang bermanfaat bagi masyarakat. Sebab layanan Si Jago bisa membantu pasien yang membutuhkan pertolongan cepat dan darurat.

Baca Juga: Bazar Ramadan Diharapkan Bantu Perekonomian Warga

Direktur RSUD KRT Soetjonegoro, dr R Danang Sananto Sasongko, Kamis (7/4/2022), dalam pernyataan yang disampaikan oleh Kepala Bagian Umum RSUD KRT Soetjonegoro, Wajiran mengaku sangat bangga dan bersyukur, salah satu layanan unggulan tersebut mampu meraih predikat terbaik.

“Sebagaimana tagline atau Jargon Si Jago yaitu Siap, Tanggap dan Selamat, kami memang berupaya secara maksimal agar layanan ini benar-benar dapat memberikan manfaat bagi segenap masyarakat yang membutuhkan kecepatan dan keselamatan saat berada dalam kondisi darurat,” tuturnya.

Selaras dengan itu, Ketua Tim Si Jago, dr Catur Kurniawan juga mengatakan pihaknya telah melengkapi ambulance yang dapat digunakan secara gratis oleh warga tersebut dengan sejumlah piranti kelengkapan yang sesuai standard, ditambah tenaga kesehatan yang kompeten menangani kondisi darurat.

Baca Juga: Bupati Wonosobo Terima SAKIB dan RB Award 2021 dengan Predikat Baik

Sepenuh Hati

blank
Layanan Si Jago di RSUD KRT Soetjonegoro Wonosobo. Foto : SB/dok

“Meski gratis, warga masyarakat yang memanfaatkan Si Jago ini kami layani dengan sepenuh hati dan sesuai dengan standar atau prosedur yang berlaku pada kondisi emergency,” lanjutnya.

Menanggapi capaian membanggakan Si Jago, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi (Disnakerintrans) Wonosobo, Dr Prayitno MSi mengakui bentuk inovasi dari IGD RSUD KRT Soetjonegoro sanggar mengesankan.

“Sangat apresiatif dan kami bisa sampaikan bahwa SiJago ini memang Excellent, alias mampu memberikan kesan sangat positif bagi warga masyarakat yang tengah membutuhkan layanan kedaruratan,” ungkap Prayitno.

Baca Juga: Takmir Masjid Jami’ Wonosobo Gelar Pasar Murah Minyak Goreng

Khususnya bagi masyarakat yang kurang beruntung yang tidak dapat mengakses ambulance untuk ke rumah sakit, Si Jago diakui Prayitno, sangat bermanfaat karena mampu memenuhi aspek-aspek standar layanan kesehatan.

Pihaknya juga mengaku berharap ke depan Si Jago bakal lebih luas jangkauannya sehingga memberikan dampak lebih luas dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Wonosobo.

“Jangan lantas berpuas diri dengan prestasi ini. Karena tuntutan kesehatan di masa-masa mendatang juga semakin kompleks. Sehingga dibutuhkan inovasi-inovasi lain yang lebih hebat lagi,” tandasnya.

Muharno Zarka