blank
Ganjar bersama Komisioner KPU Jateng, Ikhwanudin, membahas persiapan anggaran untuk Pemilu 2024. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng yang telah menyiapkan dan menyusun anggaran untuk Pemilu 2024. Perubahan dan kenaikan sejumlah indeks, membuat anggaran yang diusulkan KPU Jateng sebesar Rp 2,4 triliun.

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Jateng, Ikhwanudin, saat bertemu Ganjar, dalam rangka persiapan Pilkada dan Pemilu 2024, di Kantor Gubernur, Selasa (5/4/2022). Menurutnya, anggaran itu nantinya dibagi antara pemerintah provinsi dan pemerintah kota/kabupaten.

”Sesuai Permendagri, itu harus ada kesepakatan bersama antara gubernur dengan bupati/wali kota. Kita berharap koordinasinya, terutama terkait honor ad hoc,” katanya.

BACA JUGA: Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Ajak APPBIPA Kembangkan Jejaring Kemitraan

Ikhwanudin menambahkan, dari sharing anggaran itu, diharapkan Pemprov Jateng bisa mengambil alih honorarium ad hoc, yang pada Pilkada 2018 ditanggung kabupaten/kota. Akibatnya, muncul perbedaan besaran honor.

”Sehingga harapannya nanti yang bisa ditanggung provinsi dari PPK, PPS, maupun KPPS. Angkanya kalau dihitung Rp 1 triliun lebih,” ucapnya.

Ikhwanudin menjelaskan, kenaikan anggaran dalam usulan yang diberikan itu juga dipengaruhi perubahan sejumlah indeks. Selain honorarium ad hoc, imbuh Ikhwan, juga terdapat kenaikan jumlah pemilih dan TPS.

BACA JUGA: Setelah Perilisan “Still Life”, Top Bigbang Bagikan Isi Hatinya Lewat Surat untuk Penggemar

”Itu yang menyebabkan kenaikan angka untuk kebutuhan pilkada. Jadi nanti Rp 1 triliun untuk honor, sisanya untuk operasional. Lainnya ditanggung kabupaten/kota,” ujarnya.

Sementara itu, Ganjar menyampaikan, pihaknya mengapresiasi persiapan dini yang dilakukan KPU Jateng, untuk Pilkada dan Pemilu 2024. Secara umum, Ganjar memastikan rapat pembahasan terkait anggaran ini akan segera dilakukan.

”Kita akan review indeks-indeks biaya yang ada, sehingga betul-betul bisa efisien. Karena saya tanya, ternyata untuk biliknya pengadaan baru, karena yang lama sudah dilelang. Sehingga ya kita mesti siap,” ungkapnya.

BACA JUGA: 8 Pemuda Gilir Siswi SMP, 5 Ditahan Polisi, 3 Masih Buron

Di sisi lain disebutkan juga, Pemprov Jateng telah “menabung” anggaran untuk pelaksanaan Pemilu 2024. Setidaknya pada 2023 mendatang, sudah ada Rp 900 miliar yang siap dianggarkan untuk KPU Jateng, dalam menyelenggarakan Pemilu.

”Sehingga kalau nanti kita separuh, asumsinya menyiapkan Rp 1,2 triliun rasa-rasanya tidak terlalu berat, untuk tambahan berikutnya,” tandasnya.

Riyan