blank
Anggota Koramil Secang memberikan pelatihan bagi calon pengurus OSIS. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Babinsa Koramil 05/Secang, Kodim 0705/Magelang, memberikan materi latihan dasar kepemimpinan kepada calon pengurus OSIS SMP Negeri 1 Secang, Sabtu (26/3). Sebanyak 32 peserta menerima materi yang meliputi PBB, Wawasan Kebangsaan dan Kedisiplinan.

Kegiatan yang diakukan dengan tatap muka di sekolah itu melibatkan beberapa pihak, salah satunya adalah orang tua atau wali murid. Sebelum kegiatan dilakukan, siswa harus memiliki surat izin orang tua untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Serma Puji Waluyo, saat memberikan materi latihan menuturkan, latihan dasar kepemipinan siswa (LDKS) merupakan bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya siswa untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi.

“Kegiatan ini dilaksanakan agar para peserta mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi,” jelasnya.

Selebihnya dituturkan, tujuan dilaksanakan kegiatan itu adalah untuk membentuk kepribadian para peserta didik yang matang. Utamanya dalam memahami tentang kepemimpinan, sehingga itulah pentingnya diadakan LDKS untuk membentuk watak kepemimpinan siswa.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala SMPN 1 Secang, Yudian Rima Purwanis SPd MPd, wakil kepala sekolah dan para guru pendamping.

Kepala SMPN 1 Secang mengatakan, para siswa yang akan menjadi pengurus OSIS harus bisa memimpin dirinya terlebih dahalu sebelum dia dapat memimpin orang lain. Nantinya dia dapat menjadi contoh bagi siswa yang lain. Agar lebih dapat disiplin dan bertanggung jawab. Diharapkan juga siswa memiliki potensi dan bakatnya masing-masing.

Dia juga berharap pengurus OSIS dapat membantu menaikkan citra sekolah dan memajukan sekolah. Selama menjadi pengurus OSIS setahun ke depan, para siswa akan membawahi organisasi siswa dan harus bisa menjadi teladan bagi teman-temannya.

“Berikan contoh dan bagi siswa lain,” pungkas Yudian.

Eko Priyono