blank
Danrem 074 Warastratama Kolonel (Inf) Achiruddin, melakukan peninjauan ke Dusun Timang Desa Wonokerto yang menjadi percontohan Kampung Pancasila di Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dusun Timang, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, diinisasi oleh Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto menjadi percontohan Kampung Pancasila di Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Serma Indra, menyatakan, ada rencana Kampung Panasila ini akan diresmikan oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto pada hari Senin (28/3) mendatang.

Berkaitan itu, Komandan Korem (Danrem) 074 Warastratama, Kolonel (Inf) Achiruddin, Rabu (23/3), meninjau kesiapan Kampung Pancasila di Dusun Timang, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Ini berkaitan dengan agenda kunjungan kerjanya ke Kodim 0728 Wonogiri.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem Kolonel (Inf) Achiruddin, menyatakan, kunjungan yang dilakukan ke Dusun Timang ini, untuk melihat perkembangan Kampung Pancasila yang diiniasi oleh Dandim Wonogiri. Kampung Pancasila, tandas Danrem, merupakan program dari TNI-AD.

Tujuan pembentukan Kampung Pancasila, sebagai sarana kerjasama antara TNI-AD, Kepolisian dan masyarakat, untuk menanamkan rasa kebangsaan.

Beragam Agama

Juga untuk memberikan pemahaman kepada warga agar terhindar dari paham-paham intoleran. Di Kampung Pancasila, ada beragam agama yang dianut oleh masyarakat, dan diupayakan semuanya harus guyup dan berdampingan, tanpa ada rasa saling membenci.

Untuk itu, Dusun Timang, Desa Wonokerto, dijadikan percontohan Kampung Pancasila untuk wilayah Kabupaten Wonogiri. Harapannya, semua dusun di Kabupaten Wonogiri, dapat menjadi benteng dari masuknya paham-paham intoleran yang sangat merusak.

Danrem, menyatakan, kegiatan yang dilakukan di Kampung Pancasila, yakni sosialisasi kehidupan berdampingan yang guyup rukun dan saling menghargai satu dengan yang lain, tanpa melihat perbedaan.

Kepada kaum milenial, ditanamkan wawasan kebangsaan (Wasbang), bahwa dasar negara kita Pancasila menjadi pedoman, agar para generasi muda tidak terpengaruh dengan paham-paham intoleran.

Turut mendampingi Danrem dalam peninjauan ke Dusun Timang, Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto, para Kasi Korem, Kasdim Mayor (Inf) Nurul Muthahar, para Pasi Kodim, Danramil 01/Wonogiri Lettu (Inf) Slamet Biyanto, Camat Wonogiri dan Kades Wonokerto, Suyanto.

Bambang Pur