blank
Tersangka penipuan rumah berbahan kayu jati sedang menjalani pemeriksaan di Polsek Brati.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Polsek Brati, Polres Grobogan menangkap tersangka dugaan penipuan, Priyanto (35), Sabtu (19/3/2022) di Purwodadi.

Lelaki asal Mojoagung, Kecamatan Karangrayung, Grobogan ini diduga menipu Sri Nurhayati, warga Desa Temon, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, terkait pembelian rumah  rumah berbahan kayu jati.

Kasus bermula saat Sri Nurhayati telanjur membayarkan uang senilai Rp71 juta, untuk pembayaran pembelian rumah berbahan kayu jati di Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, pada awal Januari 2022 lalu.

Saat itu, Priyanto (35), warga Desa Mojoagung, Kecamatan Karangrayung datang ke warung kopi milik Sri Nurhayati (52) yang di Desa Temon, Kecamatan Brati. Priyanto meminta kepada Sri Nurhayati untuk membeli rumahnya karena dirinya membutuhkan uang.

Bu, aku tulungi. Omahku tuku,” kata Priyanto, seperti yang ditirukan Kapolsek Brati, AKP Zainal Abidin dalam rilis yang diterima suarabaru.id, Rabu (23/3/2022).

Sri Nurhayati menolak permintaan Priyanto tersebut. Hingga akhirnya, selang 30 menit kemudian, Priyanto menelepon korban melalui video call. Dalam video call tersebut, pelaku memperlihatkan rumah yang akan dijuaknya dan beberapa kayu jati yang akan dipergunakan untuk bahan-bahannya.

Hingga akhirnya, Sri Nurhayati kepincut dan menanyakan berapa harga rumah tersebut. Pelaku mengungkapkan harga seluruhnya Rp 60 juta.

“Saya sempat mengatakan mahal, dan pelaku mencoba meyakinkan dengan mengungkapkan jika komplet disertai dinding memutar Rp100 juta,” tutur Sri Nurhayati.

Untuk lebih meyakinkan, pelaku mengajak Sri Nurhayati ke rumah yang akan dijualnya itu Selasa, 4 Januari 2022, sekitar pukul 10.00 WIB. Keesokan harinya, pelaku meminta uang pembayaran Rp 44 juta sebagai harga kesepakatan pembelian rumah tersebut kepada korban.

Sampai pada waktu yang ditentukan, rumah kayu tersebut tidak kunjung dikirimkan pelaku. Korban langsung berinisiatif untuk mendatangi tempat pertama diajak pelapor di Desa Lemahputih tersebut pada Selasa, 11 Januari 2022.

Rumah Orang Lain

Rupanya saat sampai di rumah tersebut, korban kaget bahwa rumah yang akan dijual tersebut bukan rumah pelaku, melainkan rumah Jasman, warga setempat.

Hingga akhirnya, pada Sabtu, 15 Januari 2022, pelaku ke rumah korban dan berjanji akan membuatkan rumah kayu dengan tiang ukuran 18 cm x 18 cm x 4 meter dan meminta tambahan Rp35 juta. Tanpa menaruh curiga, korban setuju dan menyepakati bahwa rumah kayu ini akan didirikan di tanah yang sudah disediakannya. Di kesempatan itu, korban memberikan tambahan Rp27 juta.

Namun ternyata, rumah yang dijanjikan pelaku tidak kunjung datang. Ketika korban menagih, pelaku selalu berjanji akan membuatkan rumah tersebut.

“Jadi pelaku ini selalu janji terus, tetapi tidak kunjung dibuatkan. Hingga akhirnya, korban melaporkan kasus ini ke Mapolsek Brati,” jelas Kapolsek.

Atas laporan tersebut, unit Reskrim Polsek Brati melakukan penyelidikan hingga akhirnya berhasil menemukan informasi tentang keberadaan pelaku.

“Kita dapatkan informasi dari korban dan tetangga istri siri pelapor bahwa pelaku berada di rumah istri siri pelapor yang berada di Jalan Soponyono, Kota Purwodadi,” tambah Kapolsek.

Tanpa perlawanan, pelaku akhirnya berhasil ditangkap di rumah tersebut dan langsung digelandang ke Mapolsek Brati untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Sabtu 19 Maret 2022.

“Ada barang bukti yang berhasil kita sita yakni satu lembar kuitansi pembayaran atau pembelian rumah dengan nilai Rp44 juta dan satu lembar kuitansi pembayaran atau pembelian rumah terbilang Rp27 juta dan juga kayu jati berbentu persegi panjang bahan rumah dengan jumlah 36 batang,” ujar AKP Zainal.

Sementara tersangka Priyanto mengaku telah melakukan perbuatan ini sebanyak dua kali ini. Yang pertama di wilayah Wirosari dan yang kedua di Brati.

“Hasil dari perbuatan ini saya gunakan untuk kebutuhan sehari–hari, membayar hutang dan untuk berobat,” kata Priyanto.

Kapolsek menjelaskan, pelaku dijerat dengan pasal 378 KUHP Jo 372. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku terpaksa mendekam di balik jeruji besi Mapolsek Brati.

Tya Wiedya