blank
Peserta Diklat ‘Tanggap Darurat Bencana’ yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang saat berlatih, (Dok)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Sekitar 31 peserta mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) ‘Tanggap Darurat Bencana’ yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang.

Ketua PMI Kota Magelang Sumartono menerangkan, diklat yang berlangsung 18-20 Maret 2022 di Puthuk Mangir, Desa Bawang, Kecamatan Tempuran diikuti unsur Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR), Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) dan Relawan BPBD Kota Magelang. Penutupan kegiatan dilakukan Minggu (20/3).

Dia menuturkan, peserta menerima materi diklat tentang kepalangmerahan, manajemen relawan, manajemen dan teknik pelaksanaan posko, manajemen dan teknik pelaksanaan logistik, pelayanan darurat dan pertolongan pertama, serta air dan sanitasi.

‘’Diklat ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme relawan PMI Kota Magelang dalam pelaksanaan tanggap darurat bencana, serta meningkatkan kerja sama seluruh elemen yang ada di PMI Kota Magelang,’’ tuturnya Senin (21/3).

Plt Kepala BPBD Kota Magelang, Machbub Yani Arfian mengatakan, pihaknya mengapresiasi PMI Kota Magelang yang telah mengadakan diklat dengan baik.

‘’Kami berharap para relawan dapat menambah ilmu di diklat ini, sehingga dapat meningkatkan kinerja dalam pelayanan penanggulangan bencana di wilayah Kota Magelang,’’ pintanya.

 

Doddy Ardjono