blank
Kepala Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah menggelar pelatihan Kesamaptaan yang berkerja sama dengan Polda Jateng, Senin (21/3/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Graha Yasonna H. Laoly Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, A Yuspahruddin.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Direktur Pembinaan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Tengah, para Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Kemenkumham se-Kota Semarang.

Dalam latihan sendiri, peserta akan mengikuti kegiatan selama 11 hari mulai tanggal 21 hingga  31 Maret 2022 di Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Sebelumnya, ke-40 peserta yang merupakan petugas penjaga tahanan dari Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, telah menjalani pemeriksaan swab antigen.

Kepala Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo mengatakan, pelatihan kesamaptaan ini mengacu pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 33 Tahun 2015 tentang Pengamanan Pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara, dan menyesuaikan kurikulum dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2021 tentang Kepolisian Khusus.

Sementara Direktur Pembinaan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Tengah yang diwakili Kasubdit Binsatpam Dit. Binmas, AKBP Nunuk Setyowati, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM beserta jajarannya melalui Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah yang melaksanakan kerja sama penyelenggaraan pelatihan kesamaptaan.

“Kami mengapresiasi kepada Kepala Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah dan jajaran, semoga kerja sama yang baik ini bisa berlangsung hingga di masa mendatang.”, ujarnya.

Menurut Kaswo, pelatihan dengan total 100 jam pelajaran ini, selain penyampaian materi dan pembentukan kesamaptaan, juga dibekali dengan pelatihan menembak.

Ning