blank
Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti meraih gelar juara All England Open 2020 setelah mengalahkan pasangan unggulan ketiga asal Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dengan skor 21-15, 17-21, 21-8 di Arena Birmingham, Inggris, Minggu (15/3/2020)

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti lolos ke perempat final turnamen All England 2022 setelah menyingkirkan wakil Malaysia Hoo Pang Ron/Cheah Yee See 21-16, 21-14 di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Kamis waktu setempat (Jumat dini hari WIB).

Praveen/Melati menjadi satu-satunya wakil ganda campuran Indonesia yang tersisa di All England 2022 menyusul kekalahan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja atas unggulan keempat asal Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino 19-21, 17-21, demikian catatan resmi BWF.

Praveen/Melati yang datang ke arena sebagai unggulan kelima itu harus menghadapi perlawanan alot dari Hoo/Cheah di awal gim pertama. Juara All England 2020 itu bahkan sempat tertinggal 7-11 saat interval.

Pasangan peringkat lima dunia itu baru mendapat pola permainannya di pertengahan laga saat mereka mencetak enam poin tanpa balas untuk berbalik memimpin 14-12.

Kejar-kejaran angka kembali terjadi hingga kedudukan sama kuat 16-16 sebelum Praveen/Melati tancap gas untuk menyudahi gim pembuka dengan kemenangan 21-16.

Gim kedua berjalan lebih intens di mana kedua pasangan saling berbalas angka sampai kedudukan 10-10. Namun beruntung, Praveen/Melati mampu mengendalikan jalannya pertandingan setelah itu dan membukukan lima poin beruntun untuk menjauhkan jarak poin menjadi 18-12, hingga akhirnya pasangan peringkat lima dunia itu sukses menutup gim kedua dengan skor 21-14.

Kemenangan kali ini tak hanya menjadi yang pertama bagi Praveen/Melati, tetapi juga revans mereka terhadap Hoo/Cheah yang mengalahkannya pada laga perempat final Piala Sudirman 2021.

Pada babak perempat final, Praveen/Melati menghadapi tantangan berat karena bakal melawan unggulan ketiga asal China yang juga peraih emas Olimpiade Tokyo 2022, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping.

Indonesia sebelumnya sudah meloloskan lima wakil ke perempat final turnamen bulu tangkis tertua itu. Mereka adalah ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya, Leo Rolly Carnanda/Daniel Marthin, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Sementara itu, wakil ganda putri satu-satunya Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu memutuskan mundur dari All England 2022 karena cedera yang dialami Apriyani kambuh di tengah laga saat menghadapi wakil India Treesa Jolly/Gayatri Gopichand Pullela.

Ant/Muha