Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ke 54 pegawai di lingkungan Kemenkumham yang dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 54 orang pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng mendapatkan kepercayaan menduduki jabatan baru.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ke 54 pegawai tersebut dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin yang berlangsung di aula lantai 3 Kanwil, Rabu (16/3/2022).

Dari jumlah tersebut, hampir seluruhnya (53 orang) akan melaksanakan tugas di UPT Pemasyarakatan yang ada di wilayah Jawa Tengah sebagai pejabat struktural dengan rincian, 3 orang akan memangku jabatan eselon IVa, 4 orang menjabat eselon IVb dan sisanya setara eselon V.

Sementara 1 orang lainnya, dilantik sebagai Analis Kepegawaian Ahli Pertama untuk Kanwil Kemenkumham Jateng sendiri.

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan atas Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM nomor W.13-01.02.03.KP.03.03. Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Administrasi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang ditandatangani oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng.

Serta Keputusan Menteri Hukum dan HAM nomor SEK.2-6.KP.03.04 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pertama Kedalam Jabatan Fungsional Analisis Kepegawaian di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang ditandatangani oleh Kepala Biro Kepegawaian.

Kakanwil menegaskan bahwa jabatan adalah misteri. Yuspahruddin meminta pejabat yang baru dilantik untuk tidak khawatir sekalipun jabatan tersebut tidak sesuai keinginan mereka.

“Apabila kita diamanatkan di tempat yang jauh atau tidak di tempat yang kita inginkan, tidak usah khawatir. Mungkin dari situ nanti Tuhan akan menjejakkan kaki anda di tempat yang lebih baik” tandasnya.

Yuspahruddin juga memberikan instruksi agar pejabat baru mendukung kebijakan pemerintah, Kementerian Hukum dan HAM serta Pimpinan di UPT. “Anda sekalian harus membantu Kepala UPT nya masing-masing,” tegasnya.

“Harus berani memberikan informasi dan masukan kepada Kepala UPT bila ada hal yang tidak sesuai,” sambungnya.

Kakanwil meminta mereka untuk mempertahankan performa sebagaimana kepercayaan yang telah diberikan. “Tolong dipertahankan dengan sebaik-baiknya. Bekerja dengan baik karena anda direkomendasikan oleh pimpinan anda,” ujar Yuspahruddin.

“Jangan menambah masalah. Jangan mentang-mentang dan jangan merasa lebih tinggi dari warga binaan,” imbuhnya.

Hadir menyaksikan kegiatan, Kepala Divisi Administrasi Jusman, Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Bambang Setyabudi. Selain itu ada juga
beberapa Kepala dan Pejabat UPT, Pejabat Administrasi Kantor Wilayah, dan keluarga dari pejabat yang dilantik.

Ning