Kepala SMP Negeri 1 Dawe, Ana Eqi Astuti MPd, melepaskan balon udara, sebagai tanda pembukaan Gelar Kreasi dan Prestasi Tengah Semester 2022, di lapangan sekolah setempat. Foto: dok/ist

KUDUS (SUARABARU.ID)– SMP Negeri 1 Dawe, Kudus, menyelenggarakan kegiatan pembukaan Gelar Kreasi dan Prestasi Tengah Semester 2022, di halaman sekolah setempat, Selasa (15/3/2022). Kegiatan yang dibuka Kepala SMP Negeri 1 Dawe, Ana Eqi Astuti MPd itu, melibatkan seluruh siswa, guru, dan tenaga administrasi sekolah.

Ana mengatakan, kegiatan itu bertujuan mengoptimalkan kegiatan akademik dan non akademik. Selain itu, kegiatan yang mengasah fisik dan kreasi itu digelar, untuk menyalurkan bakat dan minat serta menumbuhkan sifat kompetitif yang positif.

”Ajang ini diharapkan juga memberikan pengalaman langsung kepada para siswa, untuk dapat berkegiatan di bidang ekonomi, dan berinteraksi dengan orang lain. Acara ini juga dapat menjalin kerja sama yang positif dengan pihak luar, khususnya siswa SD/MI se-Kecamatan Dawe,” ujar dia lagi.

BACA JUGA: Gus Yahya dan Firli Bahuri, Kawan Lama dengan Komitmen yang Sama

Sementara itu, Ketua Panitia Eti Sunarsih menjelaskan, kegiatan ini meliputi lomba antarsiswa SMP Negeri 1 Dawe, seperti sepak bola, bola voli, bulutangkis, dan senam. Lomba antarsiswa SMP dilaksanakan Senin-Kamis (14-17/3/2022).

Ada pun lomba antarsiswa SD/MI se-Kecamatan Dawe yakni, OSN matematika, mendongeng, tari kreasi tradisional, menyanyi solo dan tilawah, yang digelar Jumat (18/3/2022).

”Ada juga acara Bazaar dan Gelar Karya yang dilaksanakan Jumat-Sabtu (18-19/3/2022). Untuk pentas seni dan penyerahan hadiah lomba dilaksanakan Sabtu (19/3/2022),” imbuh Eti.

BACA JUGA: Sambut Hari Jadi Ke-1116 Kota Magelang, RSUD Tidar Gelar Khitanan Massal

Untuk Juara I, II, dan III akan mendapatkan piala dan hadiah, ditambah piagam penghargaan dari Kepala Disdikpora Kabupaten Kudus. Ada juga uang pembinaan kepada juara lomba antarsiswa SD/MI se-Kecamatan Dawe.

Alvino, siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Dawe, mengaku merasa senang dengan adanya kegiatan ini. Dengan mengikuti acara itu, dia merasa tertantang untuk mengukur kemampuannya dalam berbagai perlombaan.

”Jadi tak hanya sekadar berlatih di ekstrakurikuler. Kalah atau menang adalah hal yang pasti terjadi dalam lomba. Yang penting saya siap menghadapi dan mencobanya,” ungkap Alvino.

Riyan