blank
ANGKATAN PERTAMA - Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono melantik taruna/taruni angkatan pertama Poltek KP Karawang Kampus Tegal Tahun Akademik 2021/2022. (foto: dok/ist)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Sebanyak 55 taruna/taruni angkatan pertama Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Karawang Kampus Tegal Tahun Akademik 2021/2022 resmi dilantik oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono di Auditorium Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal, Selasa (15/3/2022).

Taruna/taruni yang dilantik merupakan hasil penyaringan dari 1.000 pendaftar. Dari 55 taruna/taruni tersebut dibagi ke dalam 2 jurusan, terdiri dari Taruna Teknik Penangkapan Ikan (TPI) sebanyak 24 orang dan Budidaya Ikan (BDI) sebanyak 31 orang, yang terdiri dari 12 taruna dan 19 taruni.

Koordinator Poltek KP Karawang Kampus Tegal, Maskuri menyampaikan bahwa program penerimaan taruna/taruni diawali dengan seleksi, ujian akademik, ujian kesehatan, ujian fisik dan ujian wawancara.

Maskuri menyampaikan bahwa ke 55 taruna/taruni tersebut sebelum dilantik telah mengikuti Masa Orientasi Taruna (Mostar) sebagai sarana pengenalan lingkungan serta kegiatan pendidikan di Politeknik KP Karawang Kampus Tegal dan Latihan Dasar Kedisiplinan Taruna (Latdas Lintar) sebagai sarana pembentukan mental para taruna selama menjalani pendidikan di Asrama serta Masa Basis Taruna sebagai penyesuaian taruna terhadap kehidupan berasrama di Kampus.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada 55 taruna/taruni yang baru dilantik dan menyambut baik adanya Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang Kampus Tegal.

“Saya atas nama Pribadi dan Pemerintah Kota Tegal mengucapkan selamat datang di Kota Tegal dan selamat atas dilantiknya para taruna baru Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang Kampus Tegal Tahun Ajaran 2021/2022. Hari ini saudara-saudara telah resmi menjadi taruna dan taruni Politeknik KP Karawang Kampus Tegal angkatan pertama,” ujar Wali Kota.

Menurutnya keberadaan Poltek KP Karawang Kampus Tegal menjadi angin segar bagi civitas akdemik untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar di bidang kelautan dan perikanan di tingkat yang lebih tinggi. Sebelumnya Kota Tegal sudah ada Sekolah Usaha Menengah Perikanan (SUPM) milik Kementerian Kelautan dan Perikanan dan kini telah berdiri politeknik yang sebagian kampusnya berdiri di atas tanah hibah dari Pemerintah Kota Tegal.

Kehadiran Poltek KP Karawang Kampus Tegal juga selaras dengan misi Kota Tegal yang ingin meningkatkan pembangunan di bidang pendidikan. Wali Kota berharap lulusan Poltek KP Karawang Kampus Tegal turut berkecimpung memajukan bidang kemaritiman Kota Tegal.

“Saya berharap lulusan Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang Kampus Tegal nantinya dapat ikut serta berkecimpung dan memajukan bidang kemaritiman kota bahari yaitu Kota Tegal kita tercinta,” harap Dedy Yon.

Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang Donatius Haryadi Guntur Prabowo yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa, pihaknya saat ini sedang melakukan proses pentahapan agar nantinya Poltek KP Karawang kampus Tegal, akan menjadi Poltek KP Kampus Tegal. Ia berharap sebelum angkatan pertama lulus diwisuda, Poltek KP Karawang Kampus Tegal sudah menjadi Poltek KP Tegal.

Nino Moebi