blank
Ary Bachtiar MT, Kepala Dinas PUPR Kab. Jepara

JEPARA ( SUARABARU.ID)- Bupati Jepara Dian Kristiandi Selasa, (8/3/2022) melakukan pemantauan langsung dimulainya perbaikan jalan kabupaten yang dilaksanakan di Jalan Raya Desa Lebak menuju Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji. Setelah  jalan Lebak – Tanjung, bupati memastikan akan diikuti oleh jalan-jalan lain yang menjadi kewenangan Pemkab Jepara.

Jalan mana saja yang akan dibangun  dan diperbaiki serta  dari mana saja sumber pembiayaannya ? SUARABARU.ID meminta konfirmasi kepada Kepala Dinas PUPR Jepara Ary Bachtiar.

blank

Saat ini menurut Ary Bachtiar, ruas jalan Kabupaten Jepara sepanjang 872,142 km. “Jalan tersebut dalam kondisi baik dan sedang 768 km ( 88%) dan kondisi rusak ringan 102  km (11 %). Sedang  dalam kondisi rusak berat 1,2 km ,” ujarnya.

Ary Bachtiar juga menjelaskan, untuk alokasi dana  penanganan jalan, jembatan dan bangunan pelengkap jalan tahun 2022 sebesar RP. 114,39 milyar yang bersumber dari dana   APBD Rp. 77,84 milliar, DAK Rp. 32,65 millar dan  Banprov Rp. 3,8 millar. “ Pembangunan akan dilakukan di 30 lokasi,” ujarnya.

Sedangkan jika termasuk pengairan dan Cipta Karya dananya seluruhnya  mencapai Rp. 190 miliar. “Semuanya dilakukan dalam bentuk paket lelang e proc,” ungkap Ary Bachtiar.

Menurut Ary Bachtiar, saat ini karena cuaca  belum dilakukan perbaikan jalan dengan aspal panas.  Penanganan masih menggunakan aspal dingin (coldmix) yang sifatnya darurat atau sementara. Kalau cuaca membaik akan dilakukan perbaikan dengan  aspal panas.

Hadepe